Dinsos: Pencairan Dana PSKS 92,64 Persen

id Dinsos:,Pencairan,Dana,PSKS,program,simpanan,keluarga,sejahtera,karimun,kompensasi,bbm

Karimun (Antara Kepri) - Dinas Sosial Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau menyatakan pencairan dana Program Simpanan Keluarga Sejahtera (PSKS) sudah mencapai 92,64 persen dari total rumah tangga sasaran sebanyak 8.509 keluarga.

"Pencairan dana PSKS melalui pos, termasuk bagi rumah tangga sasaran (RTS) di pulau-pulau dalam dua pekan ini berjalan lancar sesuai jadwal. Pencairannya juga hampir rampung, sudah 92,64 persen," kata Kepala Dinas Sosial Karimun Indra Gunawan di Tanjung Balai Karimun, Minggu.

Indra Gunawan mengatakan, sebanyak 614 RTS yang tersisa bisa mengambil dana kompensasi kenaikan harga BBM bersubsidi itu di kantor pos dengan menunjukkan kartu perlindungan sosial (KPS) atau kartu tanda penduduk (KTP) pada petugas di kantor pos.

"Batas waktu pengambilannya menjelang akhir tahun, jadi kami berharap mereka segera mencairkannya di kantor pos masing-masing," ucapnya.

Kepala Bidang Kesejahteraan Sosial Dinsos Karimun Syafruddin Abdul Rohim menambahkan, pencairan dana PSKS untuk Kecamatan Durai terealisasi 100 persen.

Sedangkan kecamatan lain, menurut dia, masih ada RTS yang belum mencairkan dana tersebut, antara lain di Kecamatan Moro sebanyak 31 RTS. Untuk Kecamatan Karimun, Tebing dan Buru yang pengambilannya di Kantor Pos Karimun sebanyak 163 RTS, Meral dan Meral yang pencairannya di Kantor Pos Meral sebanyak 105 RTS dan di Pulau Kundur sebanyak 315 RTS.

Syafruddin menyampaikan bahwa KPS yang menjadi dasar pencairan RTS akan ditarik pemerintah pusat per 31 Desember 2014. Namun, terhitung 1 Januari 2015 digantikan dengan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) yang bisa digunakan untuk program pendidikan dan kesehatan, atau disebut juga Kartu Indonesia Pintar (KIP) dan Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Sementara itu, Kepala Kantor Pos Tanjung Balai Karimun Sumarso mengatakan, rumah tangga sasaran yang berdomisili di Kecamatan Karimun, Tebing dan Buru namun belum mencairkan dana PSKS, ia minta segera mencairkannya mulai Senin (14/12), khusus untuk November dan Desember 2014.

"Khusus di wilayah kerja Kantor Pos Tanjung Balai Karimun, meliputi Kecamatan Karimun, Tebing dan Buru, pencairan dana PSKS sudah 94,20 persen. Bagi yang mencairkan kami harap segera datang dengan membawa KPS atau KTP. Totalnya Rp400.000 untuk 2 bulan, yaitu November dan Desember," ucapnya. (Antara)

Editor: Biqwanto Situmorang

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE