PPNI Canangkan Gerakan Masyarakat Sehat

id PPNI,Canang,Gerakan,Masyarakat,Sehat,perawat,tanjungpinang

Ulang tahun ke-42 PPNI menunjukkan PPNI semakin dewasa, berperan aktif di bidang kesehatan dan bermanfaat bagi masyarakat
Tanjungpinang (Antara Kepri) - Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) mencanangkan Gerakan Masyarakat Sehat sebagai bentuk kepedulian terhadap kesehatan masyarakat.

Ketua PPNI Djarot Harif Fadhillah saat mengikuti acara pengukuhan PPNI Tanjungpinang, Senin, mengatakan peranan perawat sangat penting dalam meningkatkan kesehatan masyarakat sehingga kualitas mereka juga meningkat.

"Ulang tahun ke-42 PPNI menunjukkan PPNI semakin dewasa, berperan aktif di bidang kesehatan dan bermanfaat bagi masyarakat," ucapnya.

Djarot mengatakan perawat yang tergabung dalam organisasi yang dipimpinnya siap membantu pemerintah dalam pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan.

"PPNI mitra pemerintah, akan konsisten membantu pemerintah meningkatkan kesehatan masyarakat," tegasnya.

Wali Kota Tanjungpinang Lis Darmansyah menjelaskan jumlah tenaga keperawatan dengan kebutuhan peluang pekerjaan bagi mereka tidak berimbang. Jumlah perawat yang lulus lebih banyak dibanding dengan lapangan kerja untuk mereka.

"Ini permasalahan yang harus diselesaikan agar SDM di bidang keperawatan dapat mengabdi," ucapnya saat mengukuhkan pengurus Dewan Komisariat PPNI se-Tanjungpinang.

Dia mengatakan perawat merupakan profesi  mulia, yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Perawat senantiasa diuji kesabarannya, terutama dalam menghadapi pasien.

"Profesi perawat merupakan suatu jabatan yang suci dan membutuhkan ketulusan serta kesabaran dalam menjalankan profesinya," katanya.

Lis menjelaskan dalam perkembangan zaman saat ini serta teknologi di bidang kesehatan semakin berkembang, perawat harus mampu menjawab tantangan tersebut dengan meningkatkan kualitas SDM.

"Peralatan yang digunakan semakin canggih, namun tidak akan mengubah paradigma dalam keperawatan, karena itu sentuhan perawat tetap dibutuhkan," ujarnya.

Pemerintah Kota Tanjungpinang sudah menyurati Menpan RB agar memberikan dispensasi kepada perawat untuk dapat diterima sebagai profesi khusus. Surat itu dilayangkan berkaitan belum ada kuota untuk perawat tes CPNS tahun ini.

"Kami akan usahakan agar tes CPNS untuk perawat,  dokter, serta tenaga medis dibuka pemerintah pusat," katanya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE