Pemprov Kepri Segera Ukur Kemampuan Pegawai

id Pemprov,Kepri,Ukur,Kemampuan,Pegawai,sekda,arif,fadillah

Insya Allah dalam minggu ini akan dilakukan. Saya harapkan seluruh pejabat eselon agar mempersiapkan diri untuk mengikuti assessment ini
Tanjungpinang (Antara Kepri) - Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau berencana pada pekan mengukur kemampuan para pegawai eselon II-IV agar penempatan masing-masing di suatu jabatan tepat berdasarkan sistem meritokrasi.

"Pada pekan ini Pemerintah Kepri akan melakukan 'assessment' (mengukur kemampuan) pegawai eselon II, III dan IV untuk menempatkan pegawai dengan kompetensi yang tepat di tempat yang tepat pula," kata Sekretaris Daerah Kepri TS Arif Fadillah di Tanjungpinang, Senin.

Menurut dia, sistem "assessment" diatur UU Nomor 5/2014. Dalam peraturan itu ditegaskan meritokrasi mencakup tiga aspek penting kepegawaian yakni kualifikasi, kompetensi dan kinerja.

"Insya Allah dalam minggu ini akan dilakukan. Saya harapkan seluruh pejabat eselon agar mempersiapkan diri untuk mengikuti assessment ini," ujarnya.

Dia menegaskan, kebijakan itu dilakukan agar penyelenggaraan pemerintahan berjalan maksimal.

"Kompetensi pegawai dinilai dari hasil 'assessment' oleh tim seleksi yang profesional," ujarnya.

Arif mengemukakan waktu pelaksanaan  "assessment" selama tiga hari. Pemprov Kepri akan membuat surat edaran yang ditujukan kepada seluruh pejabat.

"Dilaksanakan Jumat, Sabtu dan Minggu. Ini juga bertujuan untuk rotasi, mutasi dan sebagainya," ucapnya.

Selain itu, Arif menegaskan Pemprov Kepri akan menerapkan sistem elektronik agar lebih baik dan transparan. Sistem ini akan mendeteksi sekaligus mengumumkan kinerja pegawai, penganggaran dan perencanaan pembangunan.

"Sistem elektronik yang kita lakukan seperti e-disiplin, e-budgeting dan e-planning. Tujuannya jelas agar pegawai lebih berdisiplin, penganggaran lebih terukur dan perencanaan bisa sejalan dengan visi serta misi Gubernur Kepri," jelasnya.

Arif juga meminta agar para pegawai dapat bekerja sama dalam meningkatkan kinerja dan pelayanan kepada masyarakat. Tanpa kerja tim, kata dia, seluruh pekerjaan sulit dilaksanakan.

"Kami (pegawai Pemprov Kepri) ini satu sistem yang satu sama lain tidak bisa dipisahkan. Semuanya harus baik dan sama-sama bisa bekerja. Tanamkan 'mindset' bahwa semua punya tujuan yang sama, yakni sama-sama ingin membangun Provinsi Kepri," katanya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE