Karimun Gelar Parade Tari Melayu

id Karimun,Gelar,Parade,Tari,Melayu

Pemenang nanti akan bertanding kembali mewakili Kabupaten di tingkat Provinsi dan hingga tingkat nasional nanti
Karimun (Antara Kepri) - Kabupaten Karimun melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karimun, Provinsi Kepulauan Riau, menggelar Parade Tari Melayu sebagai salah satu upaya melestarikan khazanah budaya daerah.

"Sabtu (20/5) atau malam minggu nanti kita gelar juga Parade Tari di Coastal Area, Tanjung Balai Karimun," kata Kepala Seksi Atraksi Promosi Kerjasama Pariwisata, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Karimun, provinsi Kepulauan Riau, Bennyyudhistira di Perkantoran Pemkab Karimun, Kamis.Ia mengatakan, parade tari ini merupakan agenda tahunan selain untuk melestarikan khazanah budaya Melayu juga menjadi salah satu agenda kepariwisataan.

Menurut dia, festival budaya dan kesenian Melayu tersebut diharapkan dapat mendorong generasi muda untuk mempelajarinya sehingga kebudayaan Melayu tetap lestari di tengah derasnya arus budaya asing dan pengaruh globalisasi informasi dan teknologi.

"Pemenang nanti akan bertanding kembali mewakili Kabupaten di tingkat Provinsi dan hingga tingkat nasional nanti," katanya.

Parade ini akan menampilkan tari-tari Melayu, termasuk tarian kontemporer yang dikombinasikan dengan tarian moderen.

Parade tari tersebut, menurut dia, diikuti 11 tim dari sanggar-sanggar tari di Kabupaten Karimun yang terus berkembang dengan munculnya penari-penari muda.

"Tentunya tarian yang ditampilkan adalah Tarian Melayu, begitu juga di tingkat nasional nanti, masing-masing daerah akan memamerkan tariannya," katanya.

Ia menambahkan, dalam parade ini juga akan dilibatkan dinas terkait dari pemerintahan provinsi dan pemerintah kabupaten setempat, sedangkan untuk para juri dalam tarian ini akan langsung dinilai dari juri Jakarta.

"Kemungkinan Pak Gubernur nanti kita upayakan untuk membuka parade ini. Parade akan berlangsung selama satu hari saja," ujarnya. (Antara)

Editor: Rusdianto

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE