KNSR Kepri Serahkan Bantuan untuk Etnis Rohingya

id KNSR,Serahkan,Bantuan,Etnis,Rohingya,myanmar,kepri

Komite Nasional Untuk Solidaritas Rohingya saat membangun camp pengungsian diwilayah pesisir Bangladesh. (Foto: KNSR)

Bantuan diterima ACT untuk pembangunan kamp pengungsian, dan logistik di Bangladesh
Tanjungpinang (Antara Kepri) - Komite Nasional Untuk Solidaritas Rohingya (KNSR) Provinsi Kepulauan Riau menyerahkan bantuan uang senilai Rp492.777.828 melalui Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT) untuk para pengungsi etnis Rohingya di Myanmar.

Sekretaris KNSR Provinsi Kepri, Abdul Azis, di Tanjungpinang, Selasa mengatakan bantuan uang yang diserahkan KNSR Kepri melalui ACT hasil donasi yang dikumpulkan sejak 4 September hingga 20 Oktober 2017. Bantuan terbagi atas setor tunai Rp458.228.300 dan donasi transfer Rp34.549.528.

"Bantuan diterima ACT untuk pembangunan kamp pengungsian, dan logistik di Bangladesh," katanya.

Ia menjelaskan, donasi yang terkumpul merupakan berkat kerjasama Forum Peduli Rohingya Kepri yang tergabung dalam Organisasi Kemasyarakatan, Masjid dan para pengusaha di Kepri. Bantuan diterima melalui rekening Bank Muamalat, dengan penerima forum kemanusian peduli rohingya 4520009062.

"Dalam laporan terdapat donasi 45 dolar AUS, 14 dolar Singapura, 4 RM, 1 dolar US yang jika dikonversi senilai Rp567.500," ujarnya.

Menurut Abdul Azis, berdasarkan informasi yang diterima KNSR di Negara Bagian Rakhine, wilayah Myanmar Barat beberapa daerah seperti Maungdaw dan Bauthidung Township masih memelurkan pertolongan jiwa. Terdapat 2,4 juta jiwa penduduk etnis Rohingya di daerah itu.

"Mereka sangat membutuhkan bantuan itu. Mereka terjepit, terisolasi dan tidak bisa bergerak, ini langsung dari informasi tokoh masyarakat mereka," ujarnya.

Hingga saat ini KNSR bersama sejumlah organisasi kemanusian dunia lainnya turut membantu permasalahan etnis Rohingya di Myanmar. (Antara)

Editor: Rusdianto

Pewarta :
Editor: Kepulauan Riau
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar