BI : Kepri Optimistis Mampu Tekan Inflasi 2018

id bi,kepri,optimistis,mampu,tekan,inflasi,2018

Kami optimis hingga akhir tahun, tidak akan lebih dari 4 persen
Batam (Antara Kepri) - Bank Indonesia Perwakilan Provinsi Kepulauan Riau optimistis mampu menekan inflasi pada 2018, hingga kisaran 3,5 persen, plus minus 1 persen (yoy), atau lebih rendah dari inflasi 2017 pada kisaran 4 persen, plus minus 1 persen.

"Prospek inflasi Kepri 2018 diperkirakan membaik pada rentang sasaran 3,5 persen plus minus 1 persen (yoy)," kata Kepala Kantor Perwakilan BI Kepri, Gusti Raizal Eka Putra di Batam, Kamis.

Ia yakin, pengendalian inflasi di provinsi kepulauan itu bisa diwujudkan, berkat kerja sama yang baik di Tim Pengendali Inflasi Daerah tiap kabupaten kota.

"Prestasi pengendalian infasi secara nyata diwujudkan TPID Kota Tanjungpiang dengan berhasil menjadi TPID kabupaten kota terbaik se-Sumatera pada 2017," kata Gusti.

Namun, tantangan pengendalian inflasi pada 2018 harus diwaspadai, seiring dengan perkiraan perbaikan ekonomi Kepri, utamanya peningkatan daya beli dan pendapatan masyarakat yang mendorong tingkat konsumsi.

Peningkatan itu dikhawatirkan mendorong laju inflasi kelompok inti dan kelompok volatile foods.

Selain itu, kelompok administered price diperkirakan naik seiring dengan rencana pemerintah untuk menaikan cukai rokok pada 2018.

"Namun kami meyakini sasaran inflasi 3,5 persen plus minus 1 persen terap dapat tercapai," kata Gusti.

Dalam kesempatan itu, ia juga menjabarkan kinerja inflasi Januari-November 2017 sebesar 3,26 persen (ytd) atau 3,53 persen (yoy). Dan itu masih sesuai dengan target inflasi tahunan 2017 sebesar 4 persen plus minus 1 persen.

Pada 2017, inflasi lebih banyak didorong kenaikan tarif listrik PLN (Persero) dan PT Bright Pelayanan Listrik Nasional (PLN Batam).

Indeks Harga Konsumen Kota Batam mencatat inflasi 3,66 persen (yoy), Kota Tanjungpinang sebesar 2,74 persen (yoy) 
    
"Kami optimis hingga akhir tahun, tidak akan lebih dari 4 persen," kata dia.(Antara)

Editor: Dedi

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE