Arus mudik tujuan Dabosingkep mulai padat

id arus mudik,imlek,dabosingkep

Situasi penumpang tujuan dabo dari pelabuhan Tanjungpinang (Antaranews Kepri/Nurjali)

Untuk jalur Roro saat ini memang belum terlihat, tapi kita tetap mengantisipasi karena kemungkinan peningkatannya bagi yang membawa kendaraan dari luar Lingga,
Lingga (Antaranews Kepri) - Jelang perayaan Imlek 2569 Kongzili penumpang tujuan Batam-Dabosingkep dan dari Tanjungpinang mulai memadati sejumlah Armada laut yang menuju ke Dabosingkep.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Lingga memprediksi puncak penumpang akan terjadi pada H-3 dan H-1 tahun baru Imlek.

"Di Pelabuhan jagoh mulai tadi sore kita lihat sudah mulai ada peningkatan jumlah penumpang, khususnya yang datang dari Batam mungkin peningkatannya akan terlihat pada H-3 dan H-1," kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Lingga, Yusrizal.

Jika mengacu pada tahun-tahun yang lalu menurutnya pada hari-hari menjelang Imlek akan selalu terjadi peningkatan penumpang, akan ada tambahan Armada yang biasanya di carter khusus oleh beberapa masyarakat tionghua yang ingin merayakan Imlek dikampung halaman Dabosingkep.

Peningkatan tertinggi menurutnya biasanya terjadi dipelabuhan jagoh khususnya dari Kota Batam. Untuk mengantisipasi hal tersebut menurutnya Dinas Perhubungan sudah mempersiapkan berbagai kemungkinan dan terus menjalin komunikasi dengan instansi vertikal lainnya, mengingat saat ini kondisi cuaca dilaut juga kurang bersahabat.

"Untuk jalur Roro saat ini memang belum terlihat, tapi kita tetap mengantisipasi karena kemungkinan peningkatannya bagi yang membawa kendaraan dari luar Lingga," kata dia.

Sementara itu ketua Yayasan Vihara Kumala Maitreya Dabosingkep Zainul Arifin mengatakan pada tahun baru Imlek tahun ini menurutnya akan ada peningkatan jumlah umat Budha yang merayakan Imlek di Dabosingkep dan Kabupaten Lingga. Hal ini mengingat hari libur tahun baru Imlek pada tahun 2018 berdekatan dengan hari libur kerja, yang jatuh pada hari Jumat.

"Sabtu dan Minggu itukan libur jadi kemungkinan yang dari Batam dan kota-kota lain akan pulang tahun ini," katanya.

Sementara itu untuk menyambut perayaan Imlek pada tahun ini Vihara Kumala Matreya seperti biasanya akan menggelar beberapa acara sederhana, karena inti dari Imlek tersebut menurutnya adalah berkumpul bersama keluarga dan orang-orang terdekat sehingga ibadah ditempat ibadah tidak begitu banyak.

Namun meskipun begitu pihak Yayasan sudah mempersiapkan beberapa kegiatan khususnya untuk menyambut para tamu dari luar Kabupaten Lingga yang ingin merayakan Imlek di Dabosingkep Kabupaten Lingga pada umumnya. (Antara)

Editor : Pradanna Putra
Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar