Pesawat Wings Air mendarat mulus di Bandara Dabo

id pesawat wings air mendarat di bandara dabosingkep

Kru Pesawat Wings Air jajaran UPBU Bandara Dabo dan Bupati Lingga (Antaranews Kepri/Nurjali)

Setelah kita lihat pada pendaratan pertama tadi, secara general bagus tidak ada masalah hanya ada beberapa persiapan tambahan yang perlu sedikit dibenahi
Lingga (Antaranews Kepri) - Pesawat komersil Wings Air ATR 72-600 milik maskapai penerbangan Lion Group mendarat mulus pada penerbangan ujicoba "proofing flight" di Bandar Udara Dabosingkep Kabupaten Lingga, dan disambut Bupati Lingga Alias Wello didampingi Kepala UPBU Bandara Dabo Andi Hendra Suryaka, Minggu pagi.

"Setelah kita lihat pada pendaratan pertama tadi, secara general bagus tidak ada masalah hanya ada beberapa persiapan tambahan yang perlu sedikit dibenahi," kata Kapten pilot Ikhsan yang ditugaskan untuk melakukan uji coba penerbangan "proofing flight" atau "route evaluation".

Baca: Besok pesawat Wings Air mendarat perdana di Dabo

Selain itu, ditambahkan Ikhsan, ada beberapa navigasi yang sudah ada namun harus ditambah atau dimaksimalkan fungsinya, salah satunya untuk mengantisipasi pendaratan saat cuaca buruk. Namun secara keseluruhan menurutnya untuk kesiapan bandara sudah sangat baik.

" Mudah-mudahan secepatnya kita bisa terbang di Bandara ini, hanya untuk waktu kita masih menunggu pihak manajemen Wings Air sendiri," sebutnya.

Selain itu, untuk rute penerbangan awal jika nanti terealisasi, kemungkinan akan melayani rute Batam-Dabosingkep dan Dabosingkep-Batam, dan direncanakan akan terbang setiap hari. Untuk landasan saat ini, menurutnya sudah cukup untuk diterbangi pesawat ATR 70 meskipun belum begitu maksimal, namun ada beberapa perbaikan seperti jarak pandang pohon-pohon yang berada di sekitar bandara yang harus dibersihkan.

Di tempat yang sama Kepala Unit Pelayanan Bandar Udara (UPBU) Dabosingkep Andi Hendra Suryaka mengatakan saat ini dukungan dan respon dari pemerintah daerah sudah cukup baik, namun hal ini dibutuhkan komitmen yang lebih lagi dari pemerintah daerah khususnya untuk mengisi kuota penerbangan agar masyarakat banyak menggunakan pesawat komersial tersebut.

"Tadi kita dengar sendiri untuk bandara sudah cukup baik, sekarang tinggal komitmen dari pemerintah daerah untuk mempromosikan penerbangan komersial ini agar nanti saat terbang, akan banyak penumpang," jelasnya.

Kepentingan penerbangan komersial tentunya berbeda dengan kepentingan pesawat perintis yang disubsidi oleh pemerintah pusat, sehingga hal ini dibutuhkan kerja sama dengan semua pihak mulai dari pemerintah daerah hingga pemerintah daerah sendiri untuk terus mempromosikan Kabupaten Lingga agar banyak yang berkunjung ke Kabupaten Lingga dengan pesawat komersial ini.

Selain Bupati Lingga Alias Wello dan Kepala UPBU Bandara Dabosingkep Andi Hendra Suryaka, juga hadir dalam penyambutan tersebut Dirut BUMD Kabupaten Lingga H Saptono Mustaqim, Anggota Komisi II DPRD Lingga Ahmad Nasirudin dan Sekretaris Dinas Perhubungan Kabupaten Lingga Selamat. 

Editor: Rusdianto
Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar