Besok pesawat Wings Air mendarat perdana di Dabo

id Wings Air mendarat perdana,Lingga,bandara dabosingkep

Pesawat Wings Air. (FOTO ANTARA/Basri Marzuki)

Lingga (Antaranews Kepri) - Besok Minggu (11/03) pesawat komersial milik maskapai Wings Air akan mendarat perdana di Bandara Dabosingkep, buah dari pertemuan pengelola bandara dan Bupati Lingga Alias Wello dengan sejumlah petinggi Lion Air di kantor Lion Tower Jakarta beberapa waktu lalu.

"Insyaallah, besok pesawat Wings Air rute Bth-Dabo VV dengan jenis pesawat ATR 72 akan melakukan kegiatan penerbangan di Bandara Dabosingkep," kata Kepala UPBU Dabosingkep Andi Hendra Suryaka kepada Antara, Sabtu.

Penerbangan perdana ini, menurutnya merupakan kerja keras antara UBPU Bandara Dabosingkep dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Lingga yang telah mempromosikan berbagai potensi yang ada di Kabupaten Lingga, sehingga pesawat komersial milik Wings Air bersedia menjajal landasan Bandara Dabo untuk melayani berbagai rute penerbangan dari Bandara Dabo.

"Route Evaluation" ini akan membawa sejumlah tim evaluasi dari Kementerian Perhubungan untuk memastikan kesiapan Bandara Dabo dalam melayani rute penerbangan komersial, meskipun sebelumnya UPBU Bandara Dabo adalah bandara perintis terbaik di Indonesia dalam melayani penerbangan perintis.

Dalam kunjungan tersebut manajemen Wings Air juga membawa safety divisionnya untuk memastikan kondisi di Dabo sendiri aman dan lancar.

"Pesawat ini akan terbang dari Batam dijadwalkan sekira pukul 09.00 pagi dan tiba di Bandara Dabo sekitar pukul 09.45 waktu setempat," jelasnya.

Bandara Dabo saat ini memiliki kemampuan operasi untuk penerbangan pesawat jenis Foker 50 dengan panjang landasan 1.300 meter x 30 meter, dan "taxiway" seluas 95 meter x 15 meter dan luas apron 146,5 x 28 dan pada tahun sebelumnya Bandara Dabo terus melakukan perpanjangan landasan agar dapat melayani jenis pesawat yang lebih besar lagi.

Adapun ambisi dari Bandara Dabo dan Pemerintah Daerah Kabupaten Lingga untuk mengajak operator pesawat komersial untuk melayani rute penerbangan komersil di Bandara Dabo, dikarenakan tingginya minat masyarakat untuk terbang melalui Bandara Dabo. Hal ini dibuktikan dengan padatnya beberapa penumpangan yang terbang dengan pesawat perintis di beberapa rute di Bandara Dabosingkep. Baca juga: Wings Air Buka Rute Baru dari Tanjungpinang

Editor: Rusdianto
Pewarta :
Editor:
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar