Karimun gelar pesta rakyat perayaan kemerdekaan

id Pesta rakyat,HUT Kemerdekaan,Coastal area,Karimun

Karimun gelar pesta rakyat perayaan kemerdekaan

Kepala Dinas Pariwisata, Seni dan Budaya Karimun Zamri (Antaranews Kepri/Rusdianto)

Perayaan kemerdekaan harus diisi dengan kebersamaan, di samping memupuk rasa kebangsaan
Karimun (Antaranews Kepri) - Pemerintah Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau menggelar pesta rakyat di kawasan pantai, Tanjung Balai Karimun untuk merayakan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-73.

"Seperti tahun lalu, pesta rakyat HUT Kemerdekaan kembali kita pusatkan di Coastal Area, yang diisi dengan berbagai permainan dan hiburan rakyat, usai upacara detik-detik Proklamasi," kata Kepala Dinas Pariwisata, Seni dan Budaya Karimun Zamri di Tanjung Balai Karimun, Rabu.

Zamri mengatakan permainan rakyat yang akan digelar dalam pesta rakyat antara lain lomba panjat pinang, balap karung dan permainan lainnya yang sifatnya memberikan hiburan dan kegembiraan kepada masyarakat.

Dia mengatakan, permainan rakyat khas Hari Kemerdekaan tidak hanya untuk memeriahkan hari bersejarah Bangsa Indonesia, tetapi juga untuk memupuk rasa persatuan dan kesatuan di tengah masyarakat.

"Perayaan kemerdekaan harus diisi dengan kebersamaan, di samping memupuk rasa kebangsaan," kata dia.

Selain permainan tradisional, kata dia, perayaan HUT Kemerdekaan ke-73 juga diisi dengan festival reog yang digelar di panggung rakyat Putri Kemuning, Coastal Area.

Festival reog, merupakan agenda tahunan untuk memeriahkan Hari Kemerdekaan dan diharapkan dapat mendongkrak kunjungan wisatawan.

Sementara itu, Pemerintah Kabupaten Karimun memutuskan untuk melaksanakan upacara Detik-detik Proklamasi di panggung rakyat Putri Kemuning, Coastal Area, Tanjung Balai Karimun.

Sebelum upacara peringatan Proklamasi, Pemkab Karimun menggelar upacara yang akan diikuti para ASN di lingkungan pemerintah daerah di halaman rumah dinas bupati, dilanjutkan dengan acara tabur bunga mengenang jasa-jasa para pahlawan di perairan depan tugu MTQ, pemberian remisi bagi narapidana di Rutan Tanjung Balai Karimun, dan malam ramah tamah dengan veteran dan anggota paskibraka di rumah dinas Bupati Karimun.
Pewarta :
Editor: Kabiro kepri
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar