Pemkab Bintan sumbang 17 sapi kurban

id Pemkab bintan,Sapi kurban

Ilustrasi (/)

Sapi yang akan dikurbankan pada 22 Agustus 2018 itu sumbangan dari staf pada sejumlah OPD
Bintan, Kepri, 15/8 (Antara) - Pemerintah Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau menyumbang 17 sapi kurban untuk diserahkan kepada pengurus sejumlah masjid dan mushalla.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Daerah Pemkab Bintan, Lukman, di Kantor Bupati Bintan, Bandar Seri Bentan, Rabu, mengatakan sapi tersebut dibeli oleh sejumlah organisasi perangkat daerah pemkab setempat.

"Sapi yang akan dikurbankan pada 22 Agustus 2018 itu sumbangan dari staf pada sejumlah OPD," katanya.

Sepekan sebelum Idul Adha 1439 Hijriah, Dinas Pertanian Bintan terus melakukan pengawasan dan proses pemeriksaan kesehatan hewan supaya ternak itu layak untuk kurban.

Hingga 10 Agustus 2018, ?setidaknya 478 sapi dan 468 kambing stok untuk hewan kurban tahun ini dinyatakan sehat.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bintan Supriyono menjelaskan hasil pemeriksaan terhadap 946 hewan kurban itu, semua dalam kondisi sehat.

"Visitasi hewan ternak untuk kurban kita lakukan guna mencegah beberapa penyakit, seperti parasitter (cacingan ), penyakit Bovine Viral Dearhea (BVD), serta antisipasi jembrana dari sapi bali," ujarnya

Hewan kurban yang sudah dilakukan proses pemeriksaan kesehatan dan layak menjadi hewan kurban, yakni di Kecamatan Bintan Utara 73 sapi dan 45 kambing, Kecamatan Bintan Timur 124 sapi dan 71 kambing, Kecamatan Teluk Sebong 84 sapi dan 68 kambing.

Selain itu, Kecamatan Teluk Bintan 42 sapi dan 40 kambing, Kecamatan Toapaya 104 sapi dan 73 kambing, Kecamatan Gunung Kijang 36 sapi dan 115 kambing, serta Kecamatan Seri Koala Lobam 15 sapi dan 56 kambing.

Terkait dengan takbir, Pemkab Bintan menetapkan pawai takbir dilaksanakan di Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara, sedangkan shalat Idul Adha dipusatkan di Kijang Kecamatan Bintan Timur.
Pewarta :
Editor: Rusdianto Syafruddin
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar