Pesta rakyat semarakkan perayaan kemerdekan di Karimun

id Pesta rakyat ,HUT RI,Coastal area ,Karimun

Pesta rakyat semarakkan perayaan kemerdekan di Karimun

Paskibra mengibarkan bendera merah putih HUT RI ke-73 di Coastal Area Tanjung Balai Karimun, Jumat (17/8). (Antaranews Kepri/Rusdianto)

Saya ingin cari hiburan, kegiatan seperti ini hanya ada setiap HUT RI
Karimun (Antaranews Kepri) - Pesta rakyat yang diisi dengan hiburan dan aneka permainan tradisional menyemarakkan perayaan HUT ke-73 Republik Indonesia di Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau, Jumat.

"Kegiatan ini sengaja kami adakan untuk menghibur masyarakat, sekaligus memeriahkan HUT ke-73 Kemerdekaan RI," kata Kepala Disparsenibud Karimun Zamri saat membuka kegiatan tersebut.

Pesta rakyat yang digelar Dinas Pariwisata Seni dan Budaya Kabupaten Karimun meriah dengan gelak tawa ribuan warga yang memadati kawasan pesisir pantai Coastal Area, Tanjung Balai Karimun.

Pesta rakyat tersebut dimeriahkan dengan panggung musik yang mengiringi berbagai permainan rakyat, seperti lomba panjat pinang, balap karung, tarik tali tambang, gigit sendok dan lainnya.

Aksi peserta memanjat pohon pinang yang diolesi oli juga membuat riuh suasana perayaan hari kemerdekaan tersebut. Disparsenibud Karimun menyiapkan 8 pohon pinang dengan berbagai hadiah di puncaknya. Setiap kelompok peserta diberi waktu tiga menit mengambil hadiah di puncak pohon pinang.

Ribuan warga dari berbagai penjuru Pulau Karimun Besar berdatangan hanya untuk menyaksikan permainan rakyat tersebut.

Seorang warga Bukit Senang, Deni mengaku sengaja datang bersama istri dan anak untuk menyaksikan lomba panjat pinang.

"Saya ingin cari hiburan, kegiatan seperti ini hanya ada setiap HUT RI," kata dia.

Selain menggelar pesta rakyat, perayaan hari kemerdekaan di Coastal Area Tanjung Balai Karimun juga diisi dengan pengecekan kesehatan gratis yang diselenggarakan Dinas Kesehatan Karimun.

Pengecekan kesehatan secara gratis tersebut digelar usai upacara Detik-detik Proklamasi.

"Cukup banyak warga yang datang mengecek kesehatannya," kata Kepala Dinas Kesehatan Karimun Rachmadi.

Pengobatan gratis tersebut antara lain pengecekan gula darah, kolesterol, asam urat, darah tinggi dan pengobatan umum lainnya.

Angin Kencang

Sementara itu, upacara Detik-detik Proklamasi yang dipusatkan di pelataran Panggung Rakyat Putri Kemuning, Coastal Area, Tanjung Balai Karimun diwarnai tiupan angin kencang.

Angin kencang yang bertiup dari laut nyaris menerbangkan tenda, hingga para undangan berhamburan menyelamatkan diri. Beberapa petugas terpaksa memegang tiang agar tenda tidak terbang ditiup angin.

Meski demikian, upacara pengibaran bendera berlangsung khidmat lancar.

Upacara pengibaran bendera dipimpin Bupati Karimun Aunur Rafiq selaku inspektur upacara. Sedangkan pembacaan teks Proklamasi disampaikan Wakil Ketua DPRD Karimun Bakti Lubis.

Sementara itu, pembawa baki siswa SMAN Karimun, Yuni Sara dipercaya membawa baki bendera.

Upacara pengibaran bendera merah putih disaksikan ribuan warga yang mengelilingi lokasi upacara.
Pewarta :
Editor: Kabiro kepri
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar