Kadisdik Lingga ajak siswa pertahankan ideologi bangsa

id 1 oktober, kesaktian pansila, disdik lingga, sman 1 lingga

Kadisdik Lingga ajak siswa pertahankan ideologi bangsa

Kepala Dinas Pendidikan Lingga Junaidi Adjam (Antaranews Kepri/Nurjali)

Generasi muda atau para pelajar, harus memaknai pesan moral dalam mempertahankan Pancasila dengan terus giat belajar dan mampu bersaing
Lingga (Antaranews Kepri) - Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Lingga mengajak segenap pelajar SMK Negeri 1 Singkep, untuk bersama-sama mempertahankan Pancasila sebagai ideologi bangsa.

Ajakan tersebut disampaikan saat menjadi pembina upacara pada peringatan Hari Kesaktian Pancasila di SMK Negeri 1 Singkep, Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau.

"Kami mengajak anak-anak generasi muda untuk mempertahankan Pancasila sebagai ideologi bangsa kita," kata Kepala Dinas Pendidikan Junaidi Adjam, kepada Antara, Senin.

Hari kesaktian Pancasila yang diperingati hari ini 1 Oktober 2018, memiliki perjalanan sejarah yang cukup panjang bagi bangsa Indonesia. Pengorbanan para pahlawan revolusi adalah bukti, bahwa ideologi pancasila merupakan harga mati identitas bangsa Indonesia, yang memiliki berbagai suku, ras dan agama yang disatukan dalam Ke Bhinnekaan dalam bingkai NKRI.

Pesan-pesan moral yang telah ditunjukan oleh pahlawan-pahlawan Revolusi yang telah gugur, dalam mempertahankan ideologi Pancasila harus dapat menjadi teladan bagi generasi muda. Artinya generasi muda atau para pelajar, harus memaknai pesan moral dalam mempertahankan Pancasila dengan terus giat belajar dan mampu bersaing dengan pengaruh globalisasi yang saat ini terus berkembang dan terus menjarah bangsa kita dengan paham-paham baru yang dapat merusak persatuan dan kesatuan bangsa.

"Hanya dengan belajar dan ilmu pendidikan yang mumpuni, kita dapat mencegah paham-paham baru yang dapat merusak persatuan," sebutnya.

Untuk itu Junaidi Adjam yang pernah mengawali karirnya sebagai guru ini, juga mengajak para pelajar untuk terus memperkuat dan meningkatkan persatuan dan kesatuan dalam upaya mewujudkan negara Indonesia yang berdaulat. 

Ia mengharapkan, Kabupaten Lingga khususnya dapat menjadi corong bagi daerah lain, sebagai daerah yang memiliki berbagai suku, ras dan agama yang komplit namun tetap mampu menjalin persatuan dan menjunjung toleransi yang tinggi.

Tiga pesan tersebut menurutnya juga disampaikan kepada beberapa sekolah lainnya, yang memanfaatkan apel pagi Senin untuk memperingati Hari Kesaktian Pancasila yang digelar di sekolah masing-masing. Selain SMK Negeri 1 Singkep, beberapa sekolah menengah SMA, SMP dan SD di Kabupaten Lingga pada hari ini juga menggelar apel upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila. (Antara)
 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE