Batam butuhkan 5.000 PNS baru hingga 2021

id batam,pns,sekda,jefriden,pegawai

Batam butuhkan 5.000 PNS baru hingga 2021

Ilustrasi (Istimewa) (/)

Batam (ANTARANews Kepri) - Pemerintah Kota (Pemkot) Batam, Kepulauan Riau, membutuhkan 5.000 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) baru, untuk menempati berbagai posisi dalam rencana pembangunan daerah ini hingga 2021.

"Kita membutuhkan 5.000 CPNS," kata Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefriden, di Batam, Senin.

Sebanyak 5.000 PNS baru itu, di antaranya untuk posisi guru, tenaga medis dan tenaga teknis, seiring dengan rencana pemerintah membangun sekolah dan pengembangan Puskesmas.

Pemkot Batam pada 2018, mendapatkan kuota CPNS sebanyak 363 orang, namun hanya 353 posisi yang bisa diisi, sehingga Batam masih kekurangan banyak CPNS.

Jefriden berharap, kekurangan CPNS bisa diisi melalui penerimaan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K).

"Tapi saya belum tahu bagaimana mekanisme untuk P3K," katanya.

Sedangkan, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Batam, Muhammad Syahir, menyatakan, kebutuhan sebanyak 5.000 PNS untuk mengisi berbagai posisi sesuai dengan rencana pembangunan kota.

"Sekda lebih tahu karena akan ada pengembangan Puskesmas dan sekolah," katanya.

Dia menjelaskan, Pemkot Batam pada 2018 mengajukan penerimaan sekitar 2.200 CPNS. Namun, yang diizinkan pemerintah pusat hanya 363 formasi dan yang terisi 353 posisi. Sehingga Batam masih kekurangan sekitar 1.800 orang CPNS lagi.

"Ini peluang untuk P3K. Selisih dari itu," kata Syahir.

Ia mengatakan saat ini, Bagian Organisasi dan Tata Laksana sedang memetakan jumlah kebutuhan pegawai, yang akan diajukan untuk penerimaan P3K kepada pemerintah pusat.

Penerimaan P3K, kata dia, akan dibuka untuk umum, tidak hanya untuk pegawai honorer yang sudah mengabdi di lingkungan Pemkot Batam.

"Itu berlaku untuk umum, ridak ada khusus honorer. Jumlahnya nanti ditentukan pusat, misalkan dikasih formasi 1.000, Alhamdulillah," tandas Syahir.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE