Lingga perkuat kerjasama pendidikan pertanian dengan IPB

id Lingga perkuat kerjasama pendidikan pertanian dengan IPB

Lingga perkuat kerjasama pendidikan pertanian dengan IPB

Bupati Lingga saat mengadakan pertemuan dengan para petinggi IPB (Nurjali)

Kita punya mimpi dalam waktu dekat untuk mendirikan Politeknik Pertanian. Jika ini terealisasi, maka inilah perguruan tinggi pertanian pertama di Kepulauan Riau
Lingga (Antaranews Kepri) - Kabupaten Lingga memperkuat kerjasama dibidang pendidikan dengan Institut Pertanian Bogor (IPB), sebagai wujud memantapkan sumber daya manusia (SDM) dibidang pertanian, untuk mewujudkan visi misi Bupati Lingga dibidang pertanian pada acara wisuda program vokasi D1 IPB Bogor, yang digelar di gedung Andi Hakim Nasoetion, Bogor.

"Ada enam point rencana kerjasama dalam rangka peningkatan SDM dibidang pertanian dan peternakan, yang kita sampaikan tadi dengan IPB," kata Bupati Lingga Alias Wello, kepada Antara, Rabu.

Adapun enam program tersebut antara lain, kelanjutan program pendidikan di luar domisili Vokasi D1 pertanian dan peternakan, pelatihan dan pendampingan petani padi sawah, pengembangan budidaya Laut (udang vaname, bawal bintang, kakap putih, kerapu dan rumput laut). Kemudian pengembangan hijauan pakan ternak (HPT) indigofera, pelatihan teknologi pakan ternak, pelatihan teknologi produksi IB, pengembangan kultur jaringan dan kelanjutan kajian masterplan tanah putih Agro Techno Park (ATP).

Untuk penguatan perwujudan kerjasama tersebut, Bupati Lingga Alias Wello menugaskan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) bersama Badan perencanaan, penelitian dan pengembangan daerah (BAPPEDA) untuk terus menjalin komunikasi dengan pihak IPB, agar program tersebut benar-benar terealisasi dengan baik.

"Kita punya mimpi dalam waktu dekat untuk mendirikan Politeknik Pertanian. Jika ini terealisasi, maka inilah perguruan tinggi pertanian pertama di Kepulauan Riau,"sebutnya.

Sementara itu Rektor IPB, Dr. Arif Satria, SP, M.Si mengatakan pihaknya telah berkomitmen untuk mewujudkan harapan Bupati Lingga. Dirinya juga telah menugaskan Dekan Vokasi IPB utk segera membentuk tim agar dapat menindaklanjuti rencana pendirian politeknik tersebut. 

"Untuk diskusi lebih lanjut, saya minta Dekan Vokasi segera bentuk tim untuk membantu pak Bupati mewujudkan pendirian Politeknik Pertanian di Lingga," ujar Rektor IPB, Arif Satria saat menerima Bupati Lingga.

Hadir mendampingi Bupati Lingga dalam pertemuan tersebut, antara lain, Kadis Pendidikan Drs. Junaidi Adjam, Plt. Kadis Pertanian dan Ketahanan Pangan, Nirmansyah, S. Sos, Tenaga Ahli Bupati, Dr. Deddy Zulfriady Noor, Staf Khusus Bupati, Ady Indra Pawennari. (Antara)

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE