RSBP siap terima pasien cacar monyet

id cacar monyet di batam

RSBP siap terima pasien cacar monyet

Direktur RSBP Sigit Riyanto (Antaranews Kepri/Messa Haris)

Batam (ANTARA) - Rumah Sakit Badan Pengusahaan (RSBP) Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau, siap melayani apabila ada masyarakat yang terkena penyakit cacar monyet atau "monkeypox".

Direktur RSBP Sigit Riyanto, di Batam, Senin, mengatakan, pihaknya telah menyediakan ruang isolasi untuk menangani apabila ada pasien yang terindikasi menderita penyakit menular tersebut. 

"Risiko penyebaran cacar monyet di Batam masih rendah, namun kami sudah menyiapkan ruangan isolasi lengkap dengan peralatannya," katanya.

Sigit menyatakan, apabila ada masyarakat atau orang asing yang mengeluh panas tinggi, lemas dan muncul ruam pada kulit diminta untuk segera ke RSBP Batam atau RSUD Embung Fatimah.

Kata Sigit, masyarakat diminta untuk tidak panik terhadap isu penularan cacar monyet di Kota Batam. 

"Virus tersebut relatif dapat segera diatasi bila segera ditangani," ujarnya.

Saat ini lanjut Sigit, pihaknya selalu berkoordinasi dengan pihak terkait untuk mengambil tindakan pencegahan penularan setelah sebelumnya dikabarkan ditemukannya satu kasus impor infeksi virus cacar monyet di Singapura. 

"Tapi sampai saat ini belum ada pasien tersebut, BP Batam bersama kantor kesehatan pelabuhan, dinas kesehatan dan seluruh rumah sakit di Batam sudah berkoordinasi dengan baik untuk antisipasi penyebaran," ujarnya.

Didi berharap dengan adanya isu tersebut, tidak mengganggu aktivitas perekonomian dan investasi di Kota Batam.(Antara)

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE