Bakamla latihan bersama US Coast Guard di Batam

id Bakamla,latihan bersama,US coast guard,batam

Kapal US Coast Guard bersandar di Pelabuhan Batuampar Kota Batam, Provinsi Kepri. Bakamla RI dan US Coast Guard menggelar latihan bersama di selama tiga hari di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau. (Antaranews Kepri/Messa Haris)

Batam (ANTARA) - Badan Koordinasi Keamanan Laut (Bakamla) Republik Indonesia menggelar latihan bersama penjaga pantai Amerika Serikat atau US Coast Guard di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Direktur Latihan Bakamla, Laksma Bakamla Yeheskiel, di Batam, mengatakan, kegiatan tersebut akan dilaksanakan selama tiga hari mulai Jumat (9/8/2019) hingga Minggu (11/8/2019).

"Latihan bersama ini berfokus kepada peran universal Coast Guard yaitu 'maritime safety', 'maritime security and law enforcement' dan 'maritim defense'," katanya.

Menurut dia, latihan bersama Bakamla dengan US Coast Guard baru pertama kali dilaksanakan. 

Latihan tersebut lanjutnya, menunjukkan hubungan baik antar institusi Coast Guard kedua negara.

"Ini juga menunjukkan adanya pengakuan terhadap Bakamla RI sebagai Indonesian Coast Guard," ujarnya.

Kata dia, ada beberapa tahapan aktivitas yang akan dilalui dalam latihan bersama tersebut. 

Pertama pembahasan rencana latihan dan pertukaran keahlian terkait "boarding exercise", "table top exercise" dan diakhiri dengan "boarding exercise" di perairan Batuampar, Kota Batam. 

"Puncak latihan bersama dilaksanakan pada hari Minggu dengan melibatkan unsur kapal patroli terbesar Bakamla KN Tanjung Datu 401 dan kapal US Coast Guard Cutter Stratton," jelasnya.

Kedua kapal tersebut lanjutnya, akan diawaki 150 kru kapal dan satu unit drone milik BP Batam yang akan merekam kegiatan latihan.

"Selain awak kapal KN Tanjung Datu latihan ini diperkuat oleh anggota Bakamla dari kantor Kamla zona maritim barat, pangkalan armada maritim Batam dan stasiun pemantauan keamanan dan keselamatan Batam," paparnya.

Selain itu kata dia, latihan tersebut sebagai ajang meningkatkan kerjasa antar Coast Guard kedua negara di beberapa bidang, di antaranya "capacity building", "information sharing" dan "Coast Guard to Coast Guard Communication".(Antara) 
 
Pewarta :
Editor: Rusdianto Syafruddin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar