Warga pulau rayakan kemerdekaan dengan permainan rakyat

id kemerdekaan ri, pulau belakangpadang, pulai penawar rindu,belakangpadang batam,yusfa hendri, yudi admaji, camat belakang

Camat Belakangpadang Yudi Admaji (ist)

Batam (ANTARA) - Warga Pulau Belakangpadang Kota Batam Kepulauan Riau merayakan HUT ke-74 Republik Indonesia dengan berbagai permainan rakyat khas pesisir sepanjang Agustus hingga September 2019.

"Ada banyak kegiatan memeriahkan Hari Kemerdekaan di Belakangpadang. Setidaknya ada 11 kegiatan," kata Camat Belakangpadang, Yudi Admaji di Batam, Senin.

Rangkaian kegiatan itu dimulai dari permainan rakyat pada 15-17 Agustus 2019 di Dataran ELang Laut.

"Aneka permainan rakyatnya, ada panjat pinang di laut, tarek tambang, pukul bantal, sama kegiatan personel Polsek yang membentuk formasi 74 oleh pengemudi Pancung di sekitar perairan Pulau Sambu," kata Yudi.

Kemudian, pada 16 Agustus, diselenggarakan karnaval di Dataran Elang Laut. Karnaval diikuti segenap perwakilan masyarakat pulau penawar rindu itu.

Puncak perayaan diadakan Upacara Bendera yang diikuti siswa-siswi sekolah di Kecamatan Belakang Padang. Upacara digelar di Lapangan Indrasakti pada 17 Agustus 2019.

"Ada juga gerak jalan pada 17 Agustus 2019, pada siang, sesudah upacara di Dataran Elang Laut," kata dia.

Lalu, Pemerintah Kota Batam, melalui Camat menyelenggarakan lomba Joget Lambak dan Pop Yeye, ciri khas masyarakat pesisir Melayu pada 18-19 Agustus 2019.

"Beberapa lomba sampan juga digelar, yaitu lomba dayung tradisional kiau, lomba kapal dengan mesin tempel 40 PK dan sampan layar," kata pria yang pernah menjabat Kabag Humas Pemkot Batam itu.

Lomba dayung tradisional kiau dan lomba kapal mesin tempel 40 PK digelar pada 16 Agustus 2019. Sedangkan sampan layar diadakan 17 Agustus 2019.

Kecamatan Belakangpadang juga menggelar lomba sepak bola mini pada 18 Agustus 2019 dan lomba bola voli dan takrau pada September 2019.

Terpisah, Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdako Batam, Yusfa Hendri mengatakan perayaan kemerdekaan RI digelar di setiap kecamatan di kota itu, termasuk 3 kecamatan yang berada di pesisir.

Beberapa kecamatan menyelenggarakan lebih dari 1 kegiatan. Dan kecamatan pesisir, umumnya menonjolkan permainan khas warga pulau.
Pewarta :
Editor: Rusdianto Syafruddin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar