Melihat lebih dekat Bicara 131 Bank Indonesia

id BI CAll and InteRAction ,Melihat lebih dekat Bicara 131 Bank Indonesia

Melihat lebih dekat Bicara 131 Bank Indonesia

Salah satu ruangan Costumer Service BI BICARA, Bank Indonesia (Nurjali)

Di akun-akun tersebut, berbagai content kreatif kita sajikan, dalam bentuk lagu, video dan lainnya
Jakarta (ANTARA) - Bank Indonesia sebagai bank sentral memiliki cara efektif untuk mewujudkan transparansi bagi masyarakat, sebagai wujud implementasi dari undang-undang nomor 14 tahun 2008, tentang keterbukaan informasi publik, yaitu dengan program BICARA 131 (BI CAll and InteRAction) dan content creator yang menyesuaikan dengan perkembangan industri teknologi saat ini, dikelola oleh PPID Bank Indonesia.

"Layanan ini dibentuk sejak tahun 2015, berbagai informasi perbankan dapat ditanyakan melalui layanan ini. Ini juga upaya kita menghadirkan akuntabilitas dan transparansi," kata Kristiana, salah satu team leader di BI Bicara.

Di ruangan khusus costumer service Bank Indonesia ini, terlihat para costumer service yang bekerja selama delapan jam perharinya, ruangan yang tertata rapi dengan suasana lingkungan yang nyaman ini memberikan sensasi khusus bagi para pekerjanya, ada berbagai ruangan yang tersedia, termasuk ruang diskusi yang ditata dengan konsep suasana santai dan nyaman.

Sedikitnya ada dua puluh orang customer service yang bekerja di ruangan ini, mereka melayani para kliennya memberikan informasi yang dibutuhkan untuk menyelesaikan berbagai permasalahan.

"Satu hari bisa 20 sampai 30 pengaduan yang kami terima disini, mulai dari nasabah hingga pejabat, dan pekerja Bank di seluruh Indonesia," sebutnya.    

Bersebelahan dengan ruang costumer service, terdapat juga ruangan content creator yang menciptakan berbagai content kreatif untuk disajikan kepada masyarakat. Kedua layanan ini adalah bagian tanggung jawab dari Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Bank Indonesia yang langsung berada di bawah Dewan Gubernur Bank Indonesia.

Dengan visi menjadikan PPID yang terbaik, ditingkat nasional dan internasional untuk mewujudkan Bank Indonesia yang kredibel dan terbaik serta  memenuhi standar internasional. PPID juga memiliki misi menciptakan SDM yang handal sebagai penyedia informasi bagi semua pemangku kepentingan.

Untuk menyetarakan dengan perkembangan era digital saat ini, PPID BI juga menyediakan berbagai layanan, selain dari BI Bicara di nomor telepon 500-131, ada juga beberapa akun media sosial, mulai dari channel Youtube Bank Indonesia, Instagram @bank_indonesia, twitter @bank_indonesia dan facebook BankIndonesiaOfficial.

"Di akun-akun tersebut, berbagai content kreatif kita sajikan, dalam bentuk lagu, video dan lainnya," sebutnya. 
Pewarta :
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar