Batam Tourism Polytechnic wisuda 36 Sarjana Terapan Pariwisata

id Wisuda btp, politeknik pariwisata batam

Batam Tourism Polytechnic wisuda 36 Sarjana Terapan Pariwisata

Direktur Batam Tourist Polytechnic, M Nur A Nasution (dua dari kiri) dan Ketua Dewan Pembina Yayasan Vitka, Asman Abnur berfoto (tiga dari kiri) bersama para sarjana BTP di Batam, Kepulauan Riau, Sabtu.

Batam (ANTARA) - Perguruan Tinggi Batam Tourism Polytechnic (BTP) di Batam, Sabtu mewisuda 36 lulusannya dengan gelar Sarjana Terapan Pariwisata, satu-satunya lembaga yang mengeluarkan predikat itu di Indonesia.

Direktur Batam Tourist Polytechnic, M Nur A Nasution mengatakan dari 36 mahasiswa yang lulus hari ini, 21 orang sudah bekerja, dan tujuh di antaranya meniti karier di luar negeri.

"Mereka sudah bekerja di hotel-hotel top luar negeri, seperti di Maldives, Doha Qatar, Kuwait dan Dubai Uni Emirat Arab, sehingga mereka tidak bisa mengikuti prosesi wisuda," kata dia.

BTP memang bekerja sama dengan operator internasional untuk menempatkan lulusannya di perusahaan-perusahaan asing.

"Mereka sudah dinyatakan lulus, meski tidak bisa ikut wisuda karena terikat kontrak di luar negeri dengan gaji dolar," kata dia.

Saat ini, mahasiswa BTP mencapai 756 orang. BTP bekerja sama dengan sejumlah pemerintah daerah untuk memberikan beasiswa kepada anak-anak daerah setempat.

Ketua Dewan Pembina Yayasan Vitka, Asman Abnur mengatakan, lulusan BTP diharapkan mampu bersaing di industri pariwisata global baik skala nasional maupun internasional

"Jika kita memiliki skill dan keahlian, harus bisa bersaing dengan negara lain. Saya bertekad, menjadikan BTP dan ITEBA sebagai kampus bertaraf internasional," kata pria yang pernah menjabat Menteri PANRB itu.

Asman Abnur menyebutkan dirinya bangga, apabila bertemu alumni BTP di luar negeri suatu hari nanti.

Wisuda BTP angkatan kedua dilaksanakan berdasarkan hasil rapat senat Politeknik Pariwisata Batam tahun akademik 2019/2020 di auditorium Yayasan Vitka, Kota Batam

BTP memiliki tiga program studi diploma IV, yakni Room Division Management, Culinary Management dan Food Beverage Management setara dengan Strata 1.

Sejak awal berdiri, BTP menjalin kerjasama dengan kampus NHI atau STP Bandung dan STP Nusa Dua Bali serta berafiliasi dengan IMI Switzerland.

BTP juga bekerja sama dengan CTI Worldwide, operator kapal pesiar yang merekrut staf dan training centre.

Mahasiswa BTP telah menuai prestasi antara lain 17 medali di LA Cuisine Competition skala Internasional, Best Trainee di hotel kelas dunia seperti Grand Hyatt, Ritz Carlton, Intercontinental Doha dan Traders Hotel Malaysia.

BTP didukung fasilitas laboratorium standar bintang 5 seperti mixology lab, barista lab, demonstration kitchen, Patisserie et Chocolaterie Lab, Pizza and Baking Lab, Hotel Model Room.

Pada wisuda perdana, BTP meluluskan dan mewisuda 22 orang yang berasal dari Program Studi Room Division Management dan Culinary Management.

Dua orang mahasiswa lulusan terbaik langsung menerima beasiswa S2 dari Sekolah Tinggi Pariwisata Ambarrukmo (STIPRAM) Yogyakarta.

Di tempat yang sama, Bupati Natuna Abdul Hamid Rizal mengatakan bangga dengan anak tempatan yang diwisuda di BTP.

"Ada 18 anak kami yang ikut diwisuda," kata dia.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE