BRI buat bank terapung di Anambas

id Bank terapung

BRI buat bank terapung di Anambas

Ilustrasi - Distribusi Uang Rupiah Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia melayani penukaran uang Rupiah melalui Kas Terapung . Kegiatan kas keliling oleh Bank Indonesia tersebut bertujuan untuk mendistribusikan Rupiah layak edar sekaligus mendukung kelancaran transaksi pembayaran masyarakat. (ANTARA FOTO/Widodo S. Jusuf)

Tanjungpinang (ANTARA) - Bank Rakyat Indonesia (BRI) Cabang Tanjungpinang akan membuat bank terapung dengan konsep di atas kapal yang berlokasi di Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Kepala Cabang BRI Tanjungpinang, Raden Pandu Bagda Sumawijawa, menyatakan bank terapung ditargetkan mulai beroperasi tahun 2020 mendatang.

"Bank terapung untuk melayani masyarakat sebagaimana perbankan pada umumnya, seperti simpan pinjam, transaksi dan keperluan lainnya," kata Pandu, Minggu.

Dia menegaskan, bank terapung ini merupakan wujud nyata Bank BRI dalam meningkatkan inklusi keuangan dengan mendekatkan akses dan sarana layanan perbankan kepada masyarakat di wilayah kepulauan dan pesisir yang masih sulit mendapatkan akses terhadap layanan keuangan

Nantinya bank terapung tersebut akan beroperasi setiap hari, bergerak dari satu pelabuhan ke pelabuhan lainnya di wilayah Kepulauan Anambas. "Setiap hari di dermaga yang berbeda, kemudian minggu depan akan kembali ke dermaga semula. Begitu seterusnya,” katanya.

Lanjut Pandu, bank terapung ini akan dilayani sekitar 14 petugas. Mereka akan diganti setiap satu minggu sekali.

“Saat ini di Indonesia, sepertinya hanya BRI yang sudah punya bank terapung. Bahkan di dunia,”ucapnya.

 

 

Pewarta :
Editor: Rusdianto Syafruddin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar