Pelni tambah armada layani rute Batam-Belawan

id pelni,km dorolonda,km kelud,batam dan belawan

Pelni tambah armada layani rute Batam-Belawan

Penumpang bersiap menaiki kapal Pelni. (Dok Pelni)

Batam (ANTARA) - PT Pelni (Persero) mengerahkan KM Dorolonda untuk melayani pelayaran Tanjungpriok -Tanjung Balai Karimun-Batam-Belawan, demi membantu KM Kelud menghadapi lonjakan penumpang saat musim libur Natal 2019 dan Tahun Baru 2020.

Corporate Secretary PT Pelni (Persero) Yahya Kuncoro melalui pesan aplikasi di Batam, Kepulauan Riau, Minggu, menyatakan rute Batam-Belawan merupakan pelayaran terpadat di wilayah barat, sehingga perusahaannya memutuskan menambah kapal saat musim libur Natal dan Tahun Baru.

Pada situasi normal, kata dia, KM Dorolonda melayani rute timur, mulai dari Tanjung Priok hingga pelabuhan terjauh di Bitung, Manado, Sulawesi Utara.

Selain mengerahkan KM Dorolonda, Pelni juga menambah jadwal pelayaran KM Kelud Batam-Belawan saat musim libur akhir tahun ini.

"Menimbang lonjakan penumpang Batam arah Belawan menjelang Natal, khusus untuk KM Kelud akan dioperasikan tiga kali pulang pergi pada tanggal 19, 21 dan 23 Desember 2019," kata dia.

Sesuai dengan izin Kementerian Perhubungan, maka pada musim libur Natal 2019, Pelni diizinkan menambah kapasitas tempat duduk terpasang di seluruh kapalnya. Untuk KM Kelud, penumpang yang diangkut dapat mencapai 3.865 penumpang dari kapasitas 2.607 penumpang.

"Selesai masa Angkutan Natal dan Tahun Baru, PT Pelni akan kembali memberlakukan aturan one man one seat," kata dia.

 
Pewarta :
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar