1,9 juta turis asing kunjungi Batam sepanjang 2019

id bps, angka kunjungan wisman,wisman batam

1,9 juta turis asing kunjungi Batam sepanjang 2019

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam Ardiwinata.(Antara/Naim)

Batam (ANTARA) - Badan Pusat Statistik Kota Batam Kepulauan Riau mencatat 1.947.943 wisatawan mancanegara mengunjungi kota setempat, sepanjang 2019, meningkat sekitar3,21 persen dibanding 2018, sebanyak 1.887.284 kunjungan.

"Tahun ini ada peningkatan angka kunjungan wisman, Alhamdulillah," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Batam Ardiwinata, Selasa.

Capaian itu sedikit melampaui target kunjungan wisman dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah, sebanyak 1,9 juta kunjungan.

Selanjutnya, pemerintah kota bersama pihak terkait harus bekerja lebih giat lagi agar semakin banyak wisman yang mengunjungi Batam pada 2020.

Menurut dia, seluruh pihak harus bekerja lebih keras, karena isu penularan virus corona yang mengancam keberlangsungan pariwisata di Batam.

"Kita bekerja keras Febriari, Maret, entah sampai kapan ini. berdoa, agar pariwisata maju," kata Ardi.

Sementara itu, dalam keterangannya, BPS menyebut dari seluruh wisman yang ke Batam sepanjang 2019, yang paling banyak adalah warga negara Singapura, Malaysia, China, India, Filipina, Inggris, Korea Selatan, Jepang dan Amerika Serikat.

"Dari seluruh negara asal wisman utama terbanyak, wisman Singapura, Malaysia, India dan Inggris mengalami kenaikan jumlah kunjungan," demikian keterangan BPS.

Baca juga: Pariwisata Batam masih normal

Baca juga: Rabu petang, penerbangan dari Batam ke China dibatalkan

 
Pewarta :
Editor: Rusdianto Syafruddin
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar