Kepri dukung rumah sakit infeksi di Pulau Galang

id Cobid19, rumah sakit corona batam

Kepri dukung rumah sakit infeksi di Pulau Galang

Lokasi rumah sakit di Camp Vietnam Pulau Galang Batam yang rencananya dikembangkan sebagai rumah sakit khusus infeksi (ANTARA/Naim)

Batam (ANTARA) - Provinsi Kepulauan Riau mendukung rencana pemerintah pusat untuk mendirikan rumah sakit khusus infeksi di Pulau Galang Kota Batam Kepulauan Riau.

"Kami 'support', yang untung rakyat Kepri," kata Kepala Dinas Kesehatan Kepri Tjetjep Yudiana di Batam, Rabu.

Ia mengatakan dengan adanya rumah sakit infeksi di Batam maka akan memudahkan warga sekitar untuk berobat, sehingga tidak perlu jauh-jauh ke daerah lain.

Kadinkes menegaskan, rumah sakit yang direncanakan dibangun di Pulau Galang, tidak hanya untuk menangani penderita COVID-19, melainkan infeksi lainnya yang disebabkan virus dan bakteri.

"Jadi tidak benar rumah sakit yang akan dibangun di Galang itu hanya khusus untuk menangani penderita COVID-19. Yang benar itu, seluruh penyakit yang disebabkan virus atau bakteri," kata dia.

Baca juga: RS khusus di Pulau Galang tidak hanya untuk pasien COVID-19

Tjetjep menyatakan rumah sakit itu dibutuhkan karena penderita penyakit yang disebabkan virus atau bakteri itu membutuhkan penanganan khusus, termasuk ruangan khusus agar tidak menular terhadap pasien lainnya.

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan rumah sakit yang berlokasi di Camp Vietnam Pulau Galang menjadi satu pilihan rumah sakit, dan termasuk sebagai lokasi observasi.

"Mudah-mudahan rencana ini bisa terealisasi segera digunakan bagi saudara-saudara yang harus melaksanakan observasi," kata dia.

Baca juga: Pemerintah bangun rumah sakit khusus di pulau Galang

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE