KPU Batam tunggu APD untuk verifikasi dukungan Rian Ernest

id roan ernest, verifikasi faktual calon perseorangan, verifikasi faktual rian ernest, rian ernest batam

KPU Batam tunggu APD  untuk verifikasi dukungan Rian Ernest

Anggota KPU Batam William Seipattiratu.

Batam (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum Kota Batam Kepulauan Riau masih menunggu ketersediaan alat pelindung diri (APD) bagi petugas pemungutan suara (PPS) untuk melakukan verifikasi faktual dukungan bakal calon kepala daerah jalur perseorangan dalam Pilkada Batam 2020, Rian Ernest-Yusiani.

"Belum (memulai verifikasi faktual), tunggu APD," kata anggota KPU Batam, William Seipattiratu di Batam, Rabu.

Sesuai jadwal tahapan, KPU menyampaikan dukungan bakal pasangan calon kepada PPS pada 24-29 Juni 2020, sebagai bahan dasar verifikasi faktual yang bisa dimulai 24 Juni 2020.

"Tahapannya sampai tanggal 29 Juni 2020, jadi masih ada 5 hari lagi. Verifikasi faktual mulai dilakukan setelah berkas sampai ke PPS," kata dia.

KPU Batam sudah meminta kelengkapan APD bagi penyelenggara Pilkada 2020 kepada pemerintah daerah setempat, dan masih menunggu realisasinya.

APD dibutuhkan untuk demi melindungi penyelenggara pemilu dari kemungkinan penularan virus Corona.

APD yang akan digunakan antara lain masker, pelindung wajah dan sarung tangan. Selain itu, juga dibutuhkan cairan pembersih tangan dan alat pengukur suhu tubuh.

Sementara itu, verifikasi faktual akan dilakukan terhadap 47.299 dukungan kepada bakal calon pasangan kepala daerah dari jalur perseorangan, Rian Ernest-Yusiani.

Sebanyak 47.299 dukungan yang akan diverifikasi faktual itu, merupakan hasil dari verifikasi administrasi yang sudah dilakukan KPU sebelumnya.
 
Pewarta :
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar