Partisipasi sensus daring penduduk Kepri terbaik se-Sumatera

id Kepri,terbaik,Sensus Penduduk Daring se Sumatra

Partisipasi sensus daring penduduk Kepri terbaik se-Sumatera

Rakor persiapan pelaksanaan Sensus Penduduk 2020, Jumat (14/8) dan penyerahan piagam kepada Diskominfo dan Dinas PMD Dukcapil Kepri oleh BPS. (Diskominfo Kepri)

Tanjungpinang (ANTARA) - Kepulauan Riau ditetapkan sebagai provinsi terbaik dalam pelaksanaan Sensus Penduduk Online (SPO) 2020 se- Sumatra dengan angka partisipasi pendduk sebesar 21,85 persen atau 478.390 penduduk.

Kepala BPS Kepri Agus Sudibyo, di Tanjungpinang, Jumat, mengatakan, angka partisipasi dalam SPO di wilayah itu mencapai 478.390 atau 21.85 persen dari keseluruhan penduduk, di atas target SPO 2020 nasional sebesar 15 persen.

Kepri degan luas wilayah dan akses internet yang dimungkinkan belum merata dianggap berhasil. Atas keberhasilan ini lantas BPS Pusat memberikan piagam penghargaan kepada Pemerintah Kepri.

"Penghargaan diserahkan oleh Kepala BPS Kepri Agus Sudibyo kepada Gubernur Kepri di Gedung Daerah, Rabu 29 Juli 2020 lalu," ucap Agus pada Rapat Koordinadi Persiapan Pelaksanaan Sensus Penduduk 2020.

Agus mengucapkan terima kasih kepada Dinas Komunikasi dan Informatika Kepri dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Penduduk Catatam Sipil Kepri yang telah membantu BPS  mensukseskan Sensus Penduduk Daring.

Kolaborasi antara BPS, Dinas Komunikasi dan Informatika, serta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil di Kepri dalam menyukseskan SPO 2020 dijadikan percontohan agar bisa diterapkan di daerah lain di Indonesia.

“Sudah kami laporkan kepada pimpinan kami di Jakarta, dan BPS Pusat akan mencontoh kolaborasi antara BPS dan Pemerintah Daerah, agar dapat juga dilaksanakan oleh seluruh Provinsi di Indonesia”, ujar Agus dalam Rakor dibuka Asisten I Setdaprov Kepri, Raja Ariza.

Kolaborasi berupa terobosan dalam upaya mendorong suksesi Sensus Penduduk Online (SPO) 2020 dalam bentuk sosialisasi dan publikasi.

Asisten Pemerintahan Setda Prov Kepri, Raja Ariza menyampaikan, Pemerintah Kepri akan memberikan dukungan penuh terhadap pelaksanaan Sensus Penduduk 2020 tahap dua yang akan diselenggarakan September mendatang.

Melalui Gubernur atau Sekda, Pemprov Kepri dia katakan akan menyurati Bupati dan Wali Kota untuk dapat bersinergi bersama BPS, dengan melibatkan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Komunikasi dan Informatika, hingga Camat, Lurah dan Ketua RT.

Dalam rakor dilaksanakan secara virtual ini, Kepala BPS Kepri menyerahkan piagam ucapan terimakasih diterima Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kepri Zulhendri, serta Kepala Dinas PMD Dukcapil Provinsi Kepri Sardison.
Pewarta :
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar