Upacara Hari Kesaktian Pancasila dilakukan secara virtual

id upacara hari kesaktian pancasila,hari kesaktian pancasila di batam

Upacara Hari Kesaktian Pancasila  dilakukan secara virtual

Upacara Hari Kesaktian Pancasila di Kota Batam, Kamis. (ANTARA/Dok Pemkot Batam)

Batam (ANTARA) - Jajaran Pemerintah Kota Batam Kepulauan Riau mengikuti upacara Hari Kesaktian Pancasila bersama pemerintah pusat secara virtual, Kamis.

"Untuk tahun ini, karena pandemi COVID-19, Upacara Hari Kesaktian Pancasila dilaksanakan secara virtual untuk meminimalkan kerumunan," kata Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Batam, Azril Apriansyah, usai mengikuti upacara.

Ia menyatakan upacara memperingati Hari Kesaktian Pancasila digelar jajaran Pemkot Batam setiap tahun di Dataran Engku Putri. Namun, karena tahun ini dilaksaanaka secara virtual, maka pelaksaannya dialihkan ke Kantor Wali Kota.

Pada kesempatan itu, ia menyampaikan, Pancasila adalah falsafah negara dan ideologi bangsa.

Saat masa pandemi, sudah sepatutnya nilai-nilai Pancasila lebih diamalkan. Seluruh masyarakat bahu-membahu tolong-menolong sesama agar bisa segera melalui wabah bersama-sama.

"Terus kita tanamkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan di masa pandemi ini persatuan dan gotong royong menangani Covid-19 ini sangat diperlukan," kata dia.

Secara virtual, upacara di Batam terhubung dengan kegiatan di Monumen Pancasila Sakti, Lubang Buaya, Jakarta.

Upacara yang diikuti pejabat pusat dan daerah itu berlangsung khidmat, meski dilaksanakan secara virtual.

Berdasarkan tayangan video yang disiarkan langsung Sekretariat Presiden, Kamis, upacara dimulai pukul 07.55 WIB. Para peserta upacara menerapkan protokol kesehatan ketat untuk mencegah penularan COVID-19, seperti menggunakan masker dan berjaga jarak.

Presiden Jokowi hadir mengenakan jas biru tua, dengan dasi merah dan mengenakan masker berwarna hitam. Turut hadir Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang juga mengenakan masker.

Setelah upacara dimulai, Presiden memimpin prosesi mengheningkan cipta.

"Untuk mengenang jasa para pahlawan, utamanya para pahlawan revolusi, mengheningkan cipta dimulai," ucap Presiden.

Sebelum meninggalkan lokasi upacara, Presiden, Wakil Presiden dan pimpinan lembaga tinggi negara melakukan napak tilas dengan mengunjungi beberapa lokasi di Monumen Pancasila Sakti.
 
Pewarta :
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar