Wapres ingatkan vaksin adalah ikhtiar mencegah penyakit

id Wapres maruf amin, covid-19

Wapres ingatkan vaksin adalah ikhtiar mencegah penyakit

Wakil Presiden (Wapres) K. H. Maruf Amin pada acara Dies Natalis Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (UNUSA) melalui video conference dari kediaman resmi Wapres, Jalan Diponegoro Nomor 2, Jakarta Pusat, Selasa (21/07/2020). ANTARA/Setwapres/pri. (ANTARA/Setwapres)

Jakarta (ANTARA) - Wapres RI Ma'ruf Amin mengatakan vaksinasi atau imunisasi merupakan salah satu ikhtiar mencegah terjadinya penyakit termasuk juga dalam pandemi COVID-19.

"Itu bentuk ikhtiar mencegah terjadinya suatu penyakit jadi imunisasi bagian dari pada berobat," kata Wapres saat berbincang secara virtual dengan juru bicara pemerintah Reisa Broto Asmoro, di Jakarta, Jumat.

Wapres mengatakan pengobatan dibagi menjadi dua yakni kuratif dan preventif. Kuratif ada pengobatan jika sudah terjadi penyakit, sedangkan preventif sebelum terjadi penyakit.

"Dalam masalah pengobatan ini memang ada perintah, ada hadistnya. Berobatlah kamu, Allah tidak menetapkan penyakit kecuali ada obatnya. Setiap penyakit ada obatnya, cuma sudah ditemukan atau belum ditemukan saja. Kecuali yang tidak ada obatnya penyakit pikun," ujarnya.

Dia menekankan imunisasi termasuk pencegahan. Menurutnya dalam dalil umum agama bersiaplah kamu dalam lima hal sebelum datang lima hal.

Bersiap pada masa muda sebelum kamu tua, masa sehat sebelum kamu sakit, kaya sebelum miskin, luang sebelum sibuk, hidup sebelum mati.

Hal itu, kata Wapres, adalah sebuah tindakan preventif.

"Masa sehat harus dipergunakan untuk mencegah sakit. Jadi itu barangkali dari imunisasi," kata dia.
 
Pewarta :
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar