Masyarakat Batam diminta patuhi protokol kesehatan

id update covid batam, protokol kesehatan batam,perkembangan covid-19 batam

Masyarakat Batam diminta patuhi protokol kesehatan

Petugas mengedukasi pelanggar protokol kesehatan agar mengenakan masker di tempat umum. (Naim)

Batam (ANTARA) - Pemerintah Kota Batam Kepulauan Riau terus meminta warganya mematuhi protokol kesehatan demi memutus mata rantai penularan Virus Corona.

"Ada yang pakai masker tapi yang ditutup hanya mulut saja, tak sampai hidung. Ini perlu kita tegaskan lagi agar penanganan COVID-19 di Batam benar-benar tuntas," kata Pjs Wali Kota Batam Syamsul Bahrum di Batam, Selasa.

Pemkot Batam telah menerapkan disiplin protokol kesehatan berdasarkan peraturan kepala daerah. Tim yang didukung FKPD juga kerap turun ke lapangan untuk memastikan masyarakat mematuhi aturan mengenakan masker.

Dalam razia, tim masih menemukan masyarakat yang tidak mengenakan masker di tempat umum. Mereka yang melanggar diberikan sanksi teguran lisan, tertulis, dan kerja sosial.

"Sejauh ini, sudah kita lakukan. Tapi, perlu penguatan lagi agar masyarakat makin sadar pentingnya protokol kesehatan," kata Syamsul.

Dalam kesempatan itu, Syamsul juga meminta pelaku usaha menerapkan protokol kesehatan.

Di tempat yang sama, Kapolresta Barelang, AKBP Yos Guntur, mengatakan peran Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan COVID-19 Batam perlu dioptimalkan agar penanganan pandemi bisa maksimal.

"Saya mengajak kita semua untuk tidak patah semangat, kita ingin tidak ada lagi klaster baru penyebaran Covid-19," kata dia.

Sementara itu, pada Selasa tercatat tambahan 58 pasien positif COVID-19 dan 26 orang lain dinyatakan sembuh.

Dengan begitu, maka total terdapat 3.496 warga yang dinyatakan positif COVID-19, sebanyak 2.770 orang di antaranya pulih, 89 orang meninggal dan 637 orang lainnya masih dalam perawatan.

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE