Akibat kabel putus Anambas kehilangan jaringan internet

id Natuna, piber optik, kabel optik, palapa ring barat, jaringan internet

Akibat kabel putus Anambas kehilangan jaringan internet

Pengumuman Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Kepulauan Anambas dan Palapa Ring Barat terkait putusnya kabel optik Palapa Ring Barat di Anambas. (Antara Kepri/Cherman)

Natuna (ANTARA) - Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Kepulauan Anambas (Diskominfotik KKA) dan Palapa Ring Barat (PRB) mengumukan hilangnya jaringan internet disejumlah wilayah Kabupaten Kepulauan Anambas, yang diakibatkan putusnya kabel optik yang terhubung ke daerah tersebut.

Melalui keterangan tertulisnya, Diskominfotik Kabupaten Kepulauan Anambas menyampaikan kepada seluruh masyarakat Anambas yang menggunakan layanan Telkomsel, Telkom, Smatfren, Axianta, dan operator lain yang terhubung dengan Backbon Palapa Ring Barat, telah terjadi gangguan layanan atau off service akibat jalur kabel optik PRB putus di dua kaki atau jalur. Diantaranya jalur Batam - Tarempa dan Natuna - Tarempa.

Adapun layanan yang dapat digunakan dari layanan akses telekomunikasinya saat ini yaitu sinyal Telkomsel, Isat USO Bakti Kominfo yang ada di desa - desa dan akses internet Bakti Aksi, Vsat yang ada di sekolah, Kantor Desa, Puskesmas, dan WiFi publik lainnya yang tidak terhubung dengan Palapa Ring Barat.

Karena hal tersebut, diketahui hingga Rabu (3/2) jaringan internet di Anambas masih belum bisa beroprasi yang mengakibatkan sulitnya akses informasi di daerah tersebut.

"Suami saya tugas disana, belum bisa dihubungi online," kata Resti yang berada di Riau sedangkan suaminya berada di Anambas sebagai karyawan salah satu Bank di Tarempa.

Ia mengatakan informasi yang Ia terima kemungkinan jaringan internet akan lama terhenti akibat putusnya kabel optik tersebut.

"Bakal lama, ada kabar paling cepat dua minggu," ujarnya.
Pewarta :
Editor: Nurjali
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar