Natuna (ANTARA) - Bupati Natuna Provinsi Kepulauan Riau Wan Siswandi mengimbau para pemuda untuk bersikap dan menyikapi perbedaan dengan bijaksana agar memperkokoh persatuan dan kesatuan NKRI.

"Momentum Sumpah Pemuda menjadi pelajaran bagi kita semua untuk memiliki sikap dalam menanggapi segala persoalan dengan bijak, demi persatuan," kata Bupati Natuna Wan Siswandi usai Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-94 di Gedung Sri Serindit, Natuna, Jumat.

Dalam kegiatan yang diadakan Pemuda Ansor dan dihadiri berbagai organisasi kepemudaan itu, Bupati Natuna mengajak semua pemuda Natuna bersatu membangun daerah.

Baca juga:
Pemkab Natuna kirim 160 peserta ke Porprov Kepri

Pemkab Natuna apresiasi mahasiswa Yogyakarta ikut lestarikan kesenian Mendu

Menurutnya, sejarah telah menjelaskan bahwa peran pemuda sangat penting dalam sebuah bangsa, pemuda adalah tonggak pelopor dalam kemerdekaan dan perubahan.

"Melalui peringatan Sumpah Pemuda yang mengusung tema "Bersatu Bangun Bangsa" bersatu padu adalah harga mati untuk membangun ketangguhan pemuda," kata Wan Siswandi.

Selanjutnya, ia mengatakan bahwa pemuda bukan hanya memiliki peran dalam membangun ketangguhan pemuda menuju generasi emas 2045, namun juga menjadi tulang punggung dalam pembangunan bangsa sepanjang masa.

"Pembentukan pemuda tangguh harus dimulai dengan pembentukan karakter," kata dia menambahkan.

Baca juga:
Polres Natuna gelar operasi guna cegah paham radikal di perbatasan

Pemkab Natuna - Pemkot Batam kerja sama bidang kesehatan

Karena itu, dapat dimulai dengan mengasah kemampuan melalui kreatifitas bidang yang diminati pemuda itu sendiri dan diperkuat dengan kerja kolaboratif.

"Kerjasama antar pemuda harus terus ditingkatkan karena membangun bangsa tidak dapat dikerjakan sendiri, harus melalui asas gotong royong," jelasnya.

Sehingga, lanjut Bupati "terbangun ekosistem pemuda yang sinkron dan harmoni," ujarnya.

Ia juga berharap dengan peringatan Sumpah Pemuda kali ini menambah semangat pemuda untuk terus tumbuh dalam membangun Indonesia yang berdaulat.

"Pemuda hari ini adalah gambaran masa depan bangsa, apa yang pemuda lakukan hari ini menjadi penentu," kata dia.

Untuk itu Ia berharap pemuda Natuna harus berkualitas, berhimpun kekuatan, bersemangat, terus bergerak dan mengembangkan potensi diri menjadi generasi terbaik di masa sekarang dan masa yang akan datang.

Baca juga:
ASN Natuna sumbang 2,9 ton beras untuk dibagikan ke warga

Mahasiswa Natuna kenalkan kesenian Mendu di Yogyakarta

Pewarta : Cherman
Editor : Yuniati Jannatun Naim
Copyright © ANTARA 2024