Tanjungpinang (ANTARA) - Tim bulu tangkis beregu putri Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) memperoleh tiket untuk berlaga di Pekan Olahraga Nasional (PON) 2024 Aceh - Sumatera Utara.

Keberhasilan itu diperoleh berdasarkan hasil Pra-PON di Kota Bandung, 18-23 Agustus. Tim Kepri tergabung di wilayah dua bersama dengan Jawa Barat, Riau, Sumatera Barat, dan Jambi.

"Tim Kepri menang atas Riau dengan skor 4-1, lalu mengalahkan Sumatera Barat 5-0, dan unggul 3-2 atas Jambi," kata Ketua Umum Pengprov PBSI Kepri Sukriadi di Tanjungpinang, Rabu.

Ia sangat mengapresiasi semangat juang yang ditunjukkan para atlet bulu tangkis beregu putri Kepri, terdiri dari Dea Nur Fadilla, Charly, Ilsa Avril Agustin, Kimisha Pretty Arsita, Nisa Taneva Gustin, Sachiko Pretty Ralovki, dan Justica Sarira Yeo.

Pada Rabu, mereka akan kembali bertanding melawan tim Jawa Barat untuk memperebutkan posisi juara grup wilayah dua.

Hasil pertandingan ini tidak memengaruhi kedua tim, karena juara grup dan runner-up masing-masing wilayah otomatis lolos PON 2024.

"Tim Jawa Barat, sementara memimpin puncak klasemen dengan nilai yang sama dengan tim Kepri, hanya saja sedikit unggul di selisih game kemenangan," ujar Sukriadi.

Sukriadi mengucap syukur atas keberhasilan tim bulu tangkis beregu putri sekaligus berterima kasih atas dukungan semua pihak sehingga bisa lolos ke PON 2024.

Pihaknya juga berharap dukungan Pemerintah Provinsi Kepri guna membantu persiapan para atlet bulu tangkis menjelang PON 2024.

"Kita akan mempersiapkan diri untuk memberikan yang terbaik bagi Kepri di PON 2024," ucapnya.

Sementara, Ketua KONI Kepri Usep RS mengaku bangga kepada tim bulu tangkis Kepri yang telah meraih tiket lolos PON Aceh dan Sumatera Utara.

"Ini sesuatu yang sangat membanggakan, semoga dapat mendulang medali untuk Kepri di PON 2024," kata Usep.

Usep menambahkan sampai Selasa (22/8), ada 11 cabang olahraga yang telah mengikuti Pra-PON 2023.

Cabang olahraga yang berhasil mendapat tiket lolos PON XXI Aceh dan Sumatera Utara, sebanyak sembilan cabang olahraga dengan 26 nomor pertandingan dan 28 atlet, dengan rincian selam dua nomor dan dua atlet, hapkido lima nomor dan enam atlet.

Lalu, wood ball satu nomor satu atlet, golf tiga nomor tiga atlet, menembak dua nomor dua atlet, ski enam nomor dan enam atlet, aeromodelling dua nomor dua atlet, IMI dua nomor dan dua atlet, dan bulu tangkis beregu empat atlet.

Pewarta : Ogen
Editor : Yuniati Jannatun Naim
Copyright © ANTARA 2024