Natuna (ANTARA) -
Bupati Natuna, Kepulauan Riau Wan Siswandi mengenalkan produk pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) Pulau Serasan kepada wisatawan mancanegara (wisman) yang berkunjung ke daerah itu.
 
Wan di Natuna, Sabtu malam, mengatakan wisman yang berkunjung ke Pulau Serasan berasal dari Malaysia, tujuan mereka datang adalah untuk melakukan parade jetsky pada hari ini Minggu (14/7/2024) di Pantai Sisi Kecamatan Serasan.

Menurut dia, pengenalan produk UMKM Pulau Serasan dilakukan pada Sabtu (13/7/2024) sore, adapun produk yang dikenalkan yakni gula merah, tikar pandan dan kerajinan lainnya yang diolah dari daun pandan.
 
Ia berharap produk UMKM di setiap kecamatan dapat menjadi produk unggulan yang bisa menarik minat wisatawan yang pada akhirnya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
 
"Kami ingin produk-produk olahan masyarakat tidak hanya dikenal di Natuna, namun hingga ke luar daerah," ucap dia.
 
Dia menyebutkan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna terus berupaya meningkatkan kesejahteraan pelaku UMKM di daerah itu, adapun upaya yang dilakukan antara lain dengan memberikan bantuan alat produksi yakni vacumsealer dan beberapa alat lainnya, terbaru Pemkab Natuna mengelar pelatihan peningkatan mutu produk untuk pelakuk UMKM.
 
"Berbagai upaya akan dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas produk UMKM," ujar dia.

Kepala Bidang Pemasaran Dinas Pariwisata Natuna Kardiman menyebutkan tujuan digelarnya parade jetsky di Pantai Sisi adalah untuk meningkatkan kunjungan wisman ke Natuna.
 
"Selain parade jetsky, kita juga membuka bazar produk UMKM, dan peragaan busana dari daur ulang sampah," ucap dia.

Pewarta : Muhamad Nurman
Editor : Yuniati Jannatun Naim
Copyright © ANTARA 2024