Natuna (ANTARA) -
Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna, Kepulauan Riau berkomitmen menyukseskan pekan Imunisasi Nasional (PIN) polio tahap pertama di daerah itu sesuai target sasaran imunisasi dengan menggunakan berbagai metode.
 
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Natuna Hikmat Aliansyah di Natuna, Rabu, mengatakan pihaknya menggunakan berbagai metode dalam mencapai target, yakni dengan mengunjungi sekolah-sekolah atau pemberian vaksin ke sekolah, serta sweeping (penelusuran) ke rumah warga yang memiliki anak yang memenuhi kriteria penerima.
 
Dalam hal ini pihaknya berkolaborasi dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Natuna.
 
"Data terakhir anak-anak yang telah mendapatkan vaksin mencapai 92 persen. Untuk sweeping petugas Puskesmas mendatangi rumah warga yang tidak membawa anaknya ke posyandu, " ucap dia.
 
Ia menjelaskan sweeping akan berakhir pada Kamis (1/8) dan nantinya akan dilanjutkan pemberian vaksin tahap dua.
 
"Jadi anak-anak diberikan atau mendapat dua dosis dan setiap dosis diberikan dua tetes," ujar dia.
 
Ia menerangkan PIN tahap dua dijadwalkan pada minggu kedua bulan Agustus dan diharapkan masyarakat ikut menyukseskannya.
 
"Sekitar dua minggu lagi," imbuh dia.
 
Pemkab Natuna menargetkan 8.572 anak di daerah itu mendapatkan vaksinasi polio pada Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio.

 Untuk mencapai target tersebut pihaknya telah meminta camat, dan kepala desa mengimbau warga agar mendatangi posyandu terdekat untuk divaksin polio.
 
Menurut dia, vaksinasi wajib diberikan kepada anak 0-7 tahun untuk mencegah anak terjangkiti virus polio.
 
 

Pewarta : Muhamad Nurman
Editor : Yuniati Jannatun Naim
Copyright © ANTARA 2024