Batam (ANTARA) - Kapolda Kepri Irjen Yan Fitri Halimansyah mengajak seluruh elemen masyarakat Kepulauan Riau (Kepri) bersatu untuk menyukseskan pelaksanaan Pilkada 2024 yang damai, aman, lancar dan Kondusif.

Pesan itu disampaikannya saat menghadiri deklarasi Pilkada damai dan peringatan hari jadi ke-22 Provinsi Kepri, di Tanjungpinang, Jumat.

Menurut dia, sebagai instrumen penting dalam mewujudkan kepemimpinan daerah yang berkualitas, Pilkada 2024 memerlukan keterlibatan aktif masyarakat.

Dengan hadirnya seluruh tokoh dan pemangku kepentingan dalam deklarasi ini, kata dia, menunjukkan kesungguhan untuk menjaga suasana yang kondusif selama proses Pilkada 2024 berlangsung.

"Dengan deklarasi ini, diharapkan seluruh elemen bersatu dalam tujuan bersama, yaitu menciptakan Pilkada yang adil, damai, dan berintegritas," kata Yan Fitri.

Jenderal polisi bintang dua mengingatkan seluruh komponen masyarakat Kepri dalam menghadapi dinamika politik yang mungkin meningkat menjelang Pilkada, bahwa perbedaan pandangan dan pilihan merupakan bagian dari proses demokrasi yang sehat.

Namun, lanjut dia, harus diwaspadai terhadap potensi munculnya provokasi, berita bohong (hoaks), serta politik identitas yang dapat memecah belah masyarakat.

"Komitmen untuk menghindari praktik-praktik tersebut merupakan wujud nyata dari upaya menjaga persatuan dan kesatuan di tengah keberagaman yang ada di Kepulauan Riau saat ini," ujarnya.

Mantan Kepala Biro Multimedia Divisi Humas Polri itu menambahkan, peran serta aparat keamanan, penyelenggara pemilu, dan masyarakat sangat penting dalam memastikan Pilkada 2024 berjalan lancar tanpa gangguan.

Seperti yang disampaikan Gubernur Kepri Anshar Ahmad, bahwa penyelenggaraan Pilkada di Kepulauan Riau telah berlangsung dengan baik, tertib, dan kondusif, tanpa mengganggu kenyamanan wisatawan maupun investor.

Menurut dia, kondisi tersebut tercapai dengan kolaborasi yang kuat antara seluruh pihak.

"Masyarakat Kepri berharap bahwa Pilkada 2024 dapat berlangsung dalam suasana yang damai dan aman, sehingga menghasilkan pemimpin yang terbaik bagi Provinsi Kepulauan Riau. Keberhasilan ini tentunya juga akan membawa manfaat yang lebih besar bagi pembangunan dan kemajuan wilayah menuju Indonesia emas,” katanya.

Yan Fitri juga menegaskan komitmen yang telah nyatakan melalui deklarasi pilkada damai hari ini terus terjaga hingga proses pemungutan suara selesai dengan sukses.

"Mari jaga bersama suasana kondusif ini demi masa depan yang lebih baik bagi Provinsi Kepulauan Riau, serta demi keberlangsungan demokrasi yang sehat bersama seluruh Lapisan masyarakat yang aman dan Damai," kata Yan Fitri.

Polda Metro tangkap mahasiswa Sumsel karena retas nomor Polsek Setiabudi

Langgar netralitas pilkada, Propam Polda Sulsel tindak dua perwira

Polda Metro tangkap mahasiswa Sumsel karena retas nomor Polsek Setiabudi

Pewarta : Laily Rahmawaty
Editor : Angiela Chantiequ
Copyright © ANTARA 2024