Batam (ANTARA) -
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Hang Nadim Batam mengimbau masyarakat Kepulauan Riau (Kepri) untuk mewaspadai potensi hujan disertai angin berdurasi singkat terjadi Sabtu ini.
 
"Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat pada pagi dan dini hari di wilayah Kepulauan Riau," kata Prakirawan Noah Ginting.
 
Cuaca Kepri hari ini dipengaruhi oleh kelembapan udara lapisan atas yang cukup rendah menyebabkan kurangnya potensi pertumbuhan awan-awan hujan di sekitar wilayah Kepulauan Riau. 
 
"Secara umum kondisi cuaca hari ini di wilayah Kepulauan Riau diprakirakan berawan namun masih berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada pagi hari dan dini hari di sebagian wilayah Kepulauan Riau," katanya.
 
Berikut perkiraan cuaca di 7 kota/kabupaten wilayah Kepri.
 
Kota Batam dan Tanjung Pinang diperkirakan pagi hari hujan ringan, kemudian siang, hingga dini harinya berawan tebal.
 
Suhu udara yang mempengaruhi Kota Batam berkisar antara 25-32 derajat celcius, dan angin bertiup dari arah Selatan dengan kecepatan 5-10 km/jam.
 
Sedangkan Kota Tanjungpinang suhu udaranya di ketika wilayah tersebut berkisar antara 25-32 derajat celcius. Arah angin yang mempengaruhi dari arah Selatan dengan kecepatan 6-13 km/jam.
 
Begitupun di Kabupaten Bintan diperkirakan pagi dan siang hari hujan ringan, malam dan dini harinya berawan tebal. Suhu udara berkisar antara 25-32 derajat celcius, dan arah angin dari Selatan dengan kecepatan 6-11 km/jam.
 
Selanjutnya, Kabupaten Karimun paginya diperkirakan hujan ringan, siangnya cerah berawan, malamnya berawan tebal dan dini hari hujan dengan intensitas sedang. Suhu udara berkisar antara 25-30 derajat celcius, dan angin bertiup dari arah Barat Daya dengan kecepatan 6-13 km/jam.
 
Lalu di Kabupaten Lingga pagi dini hari diperkirakan hujan ringan, sedang siang dan malam hari berawan tebal. Suhu udara yang mempengaruhi 25-30 derajat celcius, angin bertiup dari Timur dengan kecepatan 7-12 km/jam.
 
Kabupaten Natuna paginya cerah berawan, siang hingga dini hari diperkirakan berawan tebal. Suhu udara berkisar antara 24-31 derajat celcius, arah angin Selatan dengan kecepatan 5-15 km/jam.
 
Terakhir di Kabupaten Natuna sepanjang hari diperkirakan berawan tebal. Suhu udara berkisar antara 28-30 derajat celcius, arah angin Selatan dengan kecepatan 10-18 km/jam.

Pewarta : LRK
Editor : Laily Rahmawaty
Copyright © ANTARA 2024