Batam (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lingga, Provinsi Kepulauan Riau, menyatakan akan menyelenggarakan dua kali debat untuk para calon bupati dan wakil bupati pada pemilihan kepala daerah setempat tahun 2024.
 

Ketua KPU Lingga Ardhi Auliya menyebutkan bahwa debat ini bertujuan untuk memperkenalkan visi dan misi para calon kepala daerah kepada masyarakat.
 

“Kami akan menggelar debat publik sebanyak dua kali. Debat pertama akan diselenggarakan di ibu kota kabupaten, yaitu di daerah Lingga. Kemudian, debat kedua akan dilaksanakan di Kecamatan Singkep,” kata dia, Senin. 
 

Ia menjelaskan bahwa Kecamatan Singkep dipilih karena memiliki Tempat Pemungutan Suara terbanyak, yaitu 52 TPS dengan jumlah pemilih sebanyak 17.424.
 

“Debat ini rencananya akan berlangsung di pertengahan Oktober, dan yang kedua mendekati akhir masa kampanye di bulan November,” ujar Ardhi. 
 

Selain itu, Ketua KPU juga mempertimbangkan agar debat dapat disiarkan melalui program televisi untuk menjangkau masyarakat yang lebih luas. 
 

“Target kami adalah agar debat ini bisa ditayangkan di program televisi. Namun, tentunya perlu ada pertimbangan menyangkut biaya dan efektivitas lainnya,” kata dia.
 

Dalam kesempatan itu, Ardhi menekankan pentingnya penyelenggaraan debat,  sebagai sarana bagi masyarakat untuk mengenal lebih dekat para calon pemimpin mereka dan KPU berkomitmen untuk memfasilitasi hal tersebut. 
 

“Ini adalah semangat KPU untuk memastikan calon bupati dan wakil bupati dikenal oleh seluruh masyarakat Kabupaten Lingga, sehingga mereka bisa memilih dengan hati nurani,” ujarnya. 
 

Ia juga mengajak seluruh pasangan calon untuk menjaga proses Pilkada tetap tertib dan sesuai aturan yang berlaku guna merealisasikan pemilihan sukses. 


Pewarta : Amandine Nadja
Editor : Yuniati Jannatun Naim
Copyright © ANTARA 2024