Batam (ANTARA) - DPRD Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau melantik pimpinan definitif masa jabatan 2024-2029.

Hal tersebut ditetapkan dalam rapat paripurna yang dipimpin oleh Ketua Sementara DPRD Batam Asnahwati Atiq pada Rabu (25/9).

Asnahwati menjelaskan pihaknya telah menyampaikan surat kepada empat partai politik yang memperoleh suara terbanyak dalam Pemilu 2024 lalu untuk memberikan usulan pimpinan definitif.

"Hal tersebut juga dilengkapi dengan surat rekomendasi dari empat DPP partai tersebut dan juga telah disampaikan kepada Gubernur Kepri melalui Wali Kota Batam," ujar Asnahwati.

Politisi Partai Nasdem Muhammad Kamaluddin ditetapkan sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Batam definitif periode 2024-2029.

Dalam pelantikan tersebut, Kamaluddin juga didampingi oleh Wakil Ketua I dari Fraksi Partai Gerindra Aweng Kurniawan, Wakil Ketua III dari Fraksi Partai Golkar Hendra Asman.

Sementara, untuk posisi wakil ketua II, Fraksi PDI Perjuangan belum mengusulkan nama hingga pelantikan berlangsung.

Ketua DPRD definitif Kota Batam Muhammad Kamaluddin menyampaikan dalam waktu dekat, DPRD Batam akan menggelar rapat paripurna untuk menetapkan alat kelengkapan dewan (AKD), termasuk komisi dan badan anggaran (banggar).

"Iya dalam waktu dekat rapat direncanakan berlangsung pada Jumat (27/9), menandai langkah awal yang penting dalam menjalankan tugas," ujar Kamaluddin.

Sementara itu, Pejabat sementara (Pjs) Wali Kota Batam Andi Agung mengatakan pelantikan dan pengucapan sumpah ini bukan hanya formalitas, tetapi merupakan awal dari tanggungjawab dalam mengawal kebijakan dan aspirasi masyarakat.

"Dalam jabatan yang mulia ini, saya yakin pimpinan yang baru mampu menjabat dengan integritas dan bertanggungjawab," kata Andi.

Ia menyebutkan pemerintah juga akan berkomitmen penuh bekerja sama dengan DPRD untuk memajukan Kota Batam.

Menurutnya, kolaborasi dan sinergi merupakan hal yang sangat penting untuk mewujudkan kesejahteraan dan kemajuan Batam.

"Saya yakin dengan pimpinan baru akan tercipta inovasi dan ide baru untuk mewujudkan Batam sebagai kota yang maju dan sejahtera," kata dia.

Baca juga: DPRD Kota Batam lakukan penetapan ulang calon pimpinan definitif

Pewarta : Jessica Allifia Jaya Hidayat
Editor : Angiela Chantiequ
Copyright © ANTARA 2024