Batam (ANTARA) -
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Hang Nadim Batam mengimbau masyarakat wilayah Kepulauan Riau untuk waspada akan adanya potensi hujan disertai angin kencang berdurasi singkat pada Jumat.
 
"Waspada potensi hujan sedang-lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat pada pagi, siang dan dini hari di wilayah Kepulauan Riau," kata Prakirawan Pande Made Rony.
 
Dia menjelaskan, kelembapan udara di atmosfer (lapisan atas) yang cukup tinggi mendukung potensi pertumbuhan awan-awan hujan di sekitar wilayah Kepulauan Riau. 
 
"Secara umum kondisi cuaca hari ini di wilayah Kepulauan Riau diprakirakan berawan dan berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada pagi, siang dan dini hari di hampir seluruh wilayah Kepulauan Riau," katanya.
 
Berikut perkiraan cuaca di 7 kota/kabupaten wilayah Kepri.
 
Cuaca Kota Batam diprakirakan pagi dan siang harinya hujan ringan, malamnya berawan dan dini hari cerah berawan.
 
Suhu udara yang mempengaruhi berkisar antara 25-32 derajat celcius, dan angin bertiup dari arah Barat Daya dengan kecepatan 2-10 km/jam.
 
Kemudian Kota Tanjungpinang pagi dan siang juga diprakirakan hujan ringan, malam dan dini hari cerah berawan.
 
Suhu udaranya wilayah tersebut berkisar antara 26-32 derajat celcius. Arah angin yang mempengaruhi dari arah Barat Daya dengan kecepatan 3-9 km/jam.
 
Di Kabupaten Bintan pagi harinya berawan tebal, siang hujan ringan, malamnya cerah berawan, dini hari berawan. Suhu udara diperkirakan 25-32 derajat celcius, dengan arah angin dari Barat Daya kecepatan 2-8 km/jam.
 
Lalu di Kabupaten Karimun pagi dan siangnya diprakirakan hujan, malam dan dini hari diprakirakan berawan. Suhu udara 26-32 derajat celcius, arah angin dari Selatan dengan kecepatan 4-11 km/jam.
 
Kabupaten Lingga pagi harinya hujan ringan, siang, malam hingga din harinya berawan. Suhu udara berkisar antara 26-32 derajat celcius, dan angin bertiup dari arah Tenggara dengan kecepatan 9-16 km/jam.
 
Kabupaten Natuna pagi dan siangnya hujan ringan, malam harinya berawan dan dini hari kembali hujan ringan. Suhu udara yang mempengaruhi 25-32 derajat celcius, angin bertiup dari Barat Daya dengan kecepatan 2-7 km/jam.
 
Terakhir di Kabupaten Anambas dari pagi, siang hingga malam berawan, dini hari diperkirakan hujan ringan. Suhu udara berkisar antara 25-33 derajat celcius, arah angin Selatan dengan kecepatan 3-9km/jam.
 

Pewarta : LRK
Editor : Laily Rahmawaty
Copyright © ANTARA 2024