Natuna (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Natuna, Kepulauan Riau (Kepri) menggelontorkan Rp5,3 miliar untuk memperbaiki bangunan sekolah dasar di wilayah setempat.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas pada Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Natuna Umar Wirahadi Kusuma dihubungi melalui sambungan telepon dari Natuna, Sabtu, mengatakan dana tersebut untuk merehabilitasi atau memperbaiki sebagian bangunan ruang kelas yang rusak di tujuh sekolah dasar, memperbaiki satu ruang majelis guru, dan satu bangunan lainnya.

"Dananya bersumber dari APBD 2024 Kabupaten Natuna," ucap dia.

Ia menjelaskan dana tersebut juga digunakan untuk merevitalisasi atau membangun kembali bangunan ruang kelas yang sudah rusak di dua sekolah dasar.

Adapun ruang kelas sekolah yang direhabilitasi yakni SDN 004 Gunung Sebelat, SDN 002 Cemaga, SDN 002 Tapau, SDN 003 Kadur, SDN 004 Cemaga Selatan, SDN 010 Sedanau, SDN 002 Cemaga Tengah, ruang majelis guru SDN 003 Payak, dan bangunan SDN 004 Jemalik. Sedangkan ruangan kelas yang direvitalisasi yakni SDN 001 Midai dan SDN 001 kelarik.

"Total kegiatannya ada 12 kegiatan dan sudah berjalan," ujar dia.

Ia menjelaskan Pemkab Natuna berkomitmen untuk meningkatkan bangunan di setiap sekolah, namun hal tersebut tidak bisa dilakukan secara langsung, melainkan berjenjang. Ia berharap dengan peningkatan bangunan berpengaruh baik pada mutu pendidikan di Natuna.

"Kami memiliki keterbatasan anggaran. Oleh karena itu pembangunan kami lakukan secara bertahap," ucap Umar Wirahadi Kusuma.

Baca juga: BPBD Natuna sosialisasikan budaya sadar bencana di wilayah rawan

Pewarta : Muhamad Nurman
Editor : Angiela Chantiequ
Copyright © ANTARA 2024