Batam (ANTARA) -
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Hang Nadim Batam mengimbau masyarakat wilayah Kepulauan Riau waspada ada potensi hujan disertai kilat/petir berdurasi singkat pada Rabu pagi.
 
"Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang berdurasi singkat pada pagi dan siang hari di wilayah Kepulauan Riau.," kata Prakirawan Pande Made Rony.
 
Dia mengatakan mengatakan prakiraan cuaca Kepri di hari kedua bulan Oktober ini terdapatnya perlambatan kecepatan angin serta nilai labilitas udara dan kelembapan udara di atmosfer (lapisan atas) yang cukup tinggi mendukung potensi pertumbuhan awan-awan hujan di sekitar wilayah Kepulauan Riau. 
 
"Secara umum kondisi cuaca di wilayah Kepulauan Riau diprakirakan berawan dan berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada pagi dan siang hari di hampir seluruh wilayah Kepulauan Riau," ujarnya.
 
Berikut prakiraan cuaca di 7 kota/kabupaten wilayah Kepri.
 
Kondisi cuaca 7 wilayah kabupaten/kota di Kepri hampir merata, Kota Batam, Tanjungpinang, Bintan, Karimun, Lingga, hingga Natuna, yakni pagi dan siang hari diprakirakan hujan ringan, malam dan dini harinya berawan.
 
Sedangkan Kabupaten Anambas paginya hujan ringan, siangnya berawan tebal, malamnya cerah dan dini hari hujan ringan.
 
Untuk suhu udara Anambas, berkisar antara 26-31 derajat celcius dan arah mata angin datang dari Selatan dengan kecepatan 2-14 Km/jam.
 
Begitupun suhu udara di Kabupaten Natuna berkisar antara 26-31 derajat celcius dengan arah angin datang dari Selatan berkecepatan 0-9 Km/jam.
 
Selanjutnya suhu udara Kota Batam berkisar antara 26-31 derajat celcius, dan angin bertiup dari arah Selatan dengan kecepatan 4-11 Km/jam.
 
Suhu udara Tanjungpinang berkisar antara 25-31 derajat celcius. Arah angin yang mempengaruhi dari arah Selatan dengan kecepatan 2-10 km/jam.
 
Di Kabupaten Bintan suhu udara diperkirakan 25-31 derajat celcius, dengan arah angin dari Selatan kecepatan 2-13 Km/jam.
 
Lalu di Kabupaten Karimun suhu udara berkisar antara 26-31 derajat celcius, arah angin dari Selatan dengan kecepatan 4-10 Km/jam.
 
Kabupaten Lingga suhu udara berkisar antara 26-31 derajat celcius, dan angin bertiup dari arah Timur dengan kecepatan 5-12 km/jam.
 
Untuk ketinggian gelombang di Kota Batam, Tanjungpinang/Bintan, Karimun serta Anambas kategori tenang (0,1-0,5 meter), sedangkan Lingga dan Natuna kategori rendah, yakni berkisar antara 0,5-1,25 meter.
 

Pewarta : LRK
Editor : Laily Rahmawaty
Copyright © ANTARA 2024