Batam (ANTARA) - Kepolisian Daerah Kepulauan Riau (Polda Kepri) mengerahkan 285 personel untuk mengamankan masa kampanye pemilihan gubernur dan wakil gubernur peserta Pilkada 2024 yang berlangsung dari tanggal 25 September hingga 23 November.

“Pengerahan personel pengamanan ini menegaskan komitmen Polda Kepri dalam menjaga ketertiban dan keamanan selama proses Pilkada 2024,” kata Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Kepri Kombes Pol. Zahwani Pandra Arsyad, di Batam, Sabtu.

Selain kampanye tingkat provinsi, Polda Kepri juga mengawasi pelaksanaan masa kampanye di tujuh kabupaten/kota yang pengamanannya dilaksanakan oleh Polres jajaran.

Perwira menengah Polri itu mengatakan untuk kampanye calon wali kota dan wakil kota serta calon bupati dan wakil bupati, Polda Kepri berkoordinasi dengan Polres dan Polresta di wilayah hukum masing-masing dalam hal pengamanan.

“Polres dan Polresta jajaran Polda Kepri siap menjaga keamanan di setiap daerah selama tahapan pilkada yang puncaknya akan dilaksanakan pemilihan serentak pada 27 November mendatang,” kata dia.

Dia menjelaskan personel yang dikerahkan terdiri atas berbagai satuan tugas, termasuk satgas preemtif bertugas melakukan pendekatan kepada masyarakat guna menghindari potensi konflik.

“Ada juga satgas preventif,” katanya.

Baca juga: Polres Karimun mewajibkan personel pengamanan pilkada cek kesehatan

Satgas preventif ini, lanjut dia, bertugas memastikan pengamanan di lapangan agar kegiatan kampanye dapat berjalan dengan lancar dan tidak terganggu oleh hal-hal yang dapat memicu gangguan kamtibmas.

Selain itu, satgas keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas) turut dilibatkan untuk menjaga arus lalu lintas selama kegiatan kampanye.

“Satgas Kamseltibcarlantas penting untuk mencegah kemacetan dan potensi kecelakaan, mengingat intensitas kegiatan di luar ruangan akan meningkat selama tahapan kampanye,” katanya.

Polda Kepri juga mengerahkan satgas tindak dan penegakan hukum (Gakkum) guna memberikan penindakan tegas apabila terjadi pelanggaran hukum selama masa kampanye.

“Satgas Humas juga berperan aktif dalam memberikan informasi terkait perkembangan situasi di lapangan sehingga transparansi dan akuntabilitas dalam pengamanan Pilkada dapat terjaga,” katanya.

Mantan Kabid Humas Polda Lampung itu menambahkan, kegiatan pengamanan Pilkada 2024 ini seluruhnya didukung oleh satgas bantuan operasi (Banops) yang memastikan segala peralatan dan logistik pengamanan kampanye dapat berjalan sesuai kebutuhan operasi di lapangan.

Keberhasilan pesta demokrasi Pilkada serentak 2024, kata dia, tidak terlepas dari keterlibatan masyarakat bersama-sama aparat dan pemerintah daerah menjaga situasi tetap kondusif.

“Kami mengajak seluruh warga Kepri untuk bersama-sama menjaga pelaksanaan pilkada ini dengan baik dengan menghindari segala bentuk provokasi, pastikan selalu memverifikasi informasi sebelum membagikannya,” kata Pandra.

“Utamakan selalu keselamatan berlalu lintas, terutama saat menghadiri kegiatan kampanye,” imbuhnya.

Baca juga: Silaturahmi Kapolda-Danrem perkuat soliditas kawal Pilkada Kepri 2024

Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Polda Kepri kerahkan 285 personel amankan kampanye Pilkada 2024

Pewarta : Laily Rahmawaty
Editor : Angiela Chantiequ
Copyright © ANTARA 2024