Batam (ANTARA) -
Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Hang Nadim Batam memprakirakan cuaca Kepulauan Riau (Kepri) hari Senin, ada potensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang.
 
"Secara umum kondisi cuaca hari ini di wilayah Kepulauan Riau diprakirakan berawan dan berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada pagi dan siang hari di hampir seluruh wilayah Kepulauan Riau," kata Prakirawan Debora Truly.
 
Dia menjelaskan adanya belokan angin (shearline) dan pertemuan masa udara di sekitar wilayah Kepulauan Riau mendukung potensi pertumbuhan awan-awan hujan. 
 
"Waspada potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan angin kencang pada siang hari di wilayah Kota Batam, Tanjungpinang, Kabupaten Bintan dan Natuna," imbaunya.
 
Berikut prakiraan cuaca di 7 kota/kabupaten wilayah Kepri.
 
Kondisi cuaca di Kota Batam pada pagi harinya berawan, siangnya hujan ringan, malam dan dini hari berawan.
 
Untuk suhu udara berkisar antara 24-31 derajat celcius dan arah mata angin datang dari Selatan dengan kecepatan 5-13 Km/jam.
 
Selanjutnya Kota Tanjungpinang paginya diprakirakan hujan ringan, siangnya hujan berintensitas sedang, malamnya berawan dan dini harinya hujan ringan.
 
Suhu udara yang mempengaruhi berkisar antara 24-30 derajat celcius dan arah mata angin datang dari Timur dengan kecepatan 3-13 Km/jam.
 
Cuaca Kabupaten Bintan juga sama dengan Tanjungpinang, paginya diperkirakan hujan ringan, siang hari hujan berintensitas sedang, malam berawan dan dini hari hujan ringan. Suhu udara berkisar antara 24-30 derajat celcius dengan arah angin datang dari Selatan berkecepatan 3-13 Km/jam.
 
Lalu Kabupaten Karimun paginya hujan ringan, siang, hingga dini harinya berawan. Suhu udara berkisar antara 24-30 derajat celcius, dan angin bertiup dari arah Selatan dengan kecepatan 7-15 Km/jam.
 
Kabupaten Lingga sepanjang hari diprakirakan berawan. Suhu udara berkisar antara 24-30 derajat celcius. Arah angin dari Tenggara dengan kecepatan 5-18 km/jam.
 
Berikutnya Kabupaten Natuna paginya hujan berawan, siangnya hujan dengan intensitas sedang, malamnya hujan ringan, dini hari berawan. Suhu udara diperkirakan 24-31 derajat celcius, dengan arah angin dari Tenggara kecepatan 5-18 Km/jam.
 
Kabupaten Anambas pagi dan siang hujan ringan, malam berawan dini hari hujan ringan. Suhu udara berkisar antara 24-31 derajat celcius, dan angin bertiup dari arah Barat Daya dengan kecepatan 6-12 km/jam.
 
Untuk ketinggian gelombang di seluruh wilayah Kepri hari ini masuk kategori rendah, yakni berkisar antara 0,5-1,25 meter.
 

Pewarta : LRK
Editor : Laily Rahmawaty
Copyright © ANTARA 2024