Natuna (ANTARA) -
Kantor Pencarian dan Pertolongan (KPP) atau Basarnas Natuna, Kepulauan Riau, menjalin kerja sama dengan Perum Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (LPPNPI) atau Airnav cabang Tanjungpinang guna meningkatkan layanan keselamatan penerbangan di Natuna dan Anambas.
 
Kaur Umum KPP Natuna Octo A Tambunan di hubungi melalui sambungan telepon dari Natuna, Selasa, mengatakan kerja sama di perkuat dengan penandatanganan LOCA (Letter of Coordination Agreement) di Kantornya yang berada di Kecamatan Bunguran Timur pada Selasa siang.
 
Selain untuk meningkatkan layanan keselamatan, perjanjian kerja sama ini juga bertujuan untuk meningkatkan pelayanan navigasi penerbangan di wilayah udara yang menjadi tanggung jawab Airnav Tanjungpinang dan untuk menyatukan pemahaman dan pola kerja antara kedua belah pihak.
 
"Maksud dan tujuannya untuk meningkatkan pelayanan keselamatan penerbangan di wilayah kerja yang menjadi tanggung jawab Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Natuna," ucap dia.
 
Kerja sama ini berdasarkan Undang Undang Nomor 1 Tahun 2009 tentang Penerbangan dan Undang Undang Nomor 29 Tahun 2014 tentang Pencarian dan Pertolongan.
 
"Ke depan koordinasi dan kolaborasi Kantor Pencarian dan Pertolongan Natuna bersama Perum LPPNPI Cabang Tanjungpinang terus ditingkatkan demi mengantisipasi kondisi yang dapat membahayakan keselamatan khususnya pada layanan keselamatan penerbangan di wilayah Natuna dan Anambas," ucap dia.
 
Kerja sama itu kata dia, merupakan salah satu wujud komitmen kedua belah pihak dalam memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat.
 
"Dengan adanya penandatanganan Perjanjian Koordinasi Operasional (LOCA) dapat meningkatkan komitmen koordinasi dan kolaborasi terhadap pelayanan keselamatan penerbangan publik," ujar dia.

Baca juga: Polda Kepri evaluasi siskamtibmas jelang pelaksanaan Pilkada Serentak 2024

Pewarta : Muhamad Nurman
Editor : Angiela Chantiequ
Copyright © ANTARA 2024