Natuna (ANTARA) -
Dinas Pemadaman Kebakaran dan Penyelamatan (Disdamkar) Kabupaten Natuna Kepulauan Riau menggelar simulasi evakuasi pelajar dari gedung sekolah yang terbakar.
 
Kepala Bidang Pencegahan Disdamkar Kabupaten Natuna, Beni Suparta saat dihubungi melalui telepon dari Natuna Rabu mengatakan, simulasi dilakukan di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri Natuna yang terletak di Kecamatan Bunguran Timur pada Rabu (9/10/2024), dan diikuti oleh seluruh pelajar sekolah tersebut.
 
"Ini merupakan kegiatan latihan, untuk mengajar siswa dan perangkat sekolah cara menyelamatkan diri," katanya..
 
Ia menyebutkan, pada simulasi itu para pelajar diberikan skenario bahwa gedung dalam keadaan terbakar, dan mereka juga diajarkan tentang cara menyelamatkan diri.
 
Selain itu, para perangkat sekolah juga diajarkan cara untuk mengkoordinasikan pelajar saat kebakaran terjadi, dan cara memberikan pertolongan apabila ada siswa yang terjebak.
 
"Pada simulasi ini seolah-olah di SLB tersebut benar-benar terjadi kebakaran," ujarnya.

Pada kegiatan itu perangkat sekolah juga diberikan pemahaman terkait lokasi yang tepat untuk dijadikan sebagai titik kumpul evakuasi.
 
Ia menerangkan, apabila terjadi kebakaran kita tidak boleh panik dan harus segara menyelamatkan diri.
 
Jika mendapati asap, katanya, kita bisa membasahi kain untuk menutup hidung, agar udara yang dihirup bisa disaring oleh kain tersebut.
 
"Di sini kami mengajarkan kepada guru-guru dan pegawai SLB apa yang harus mereka lakukan apabila terjadi kebakaran," katanya.
 
Ia menambahkan, pada kegiatan itu, pihaknya juga membentuk tim kecil di SLB, yang bertugas untuk bertindak baik melapor ke Damkar dan mengkoordinasikan pelajar apabila terjadi kebakaran.
 
"Kami berharap dengan latihan ini dapat memberikan gambaran secara detail kepada pegawai SLB apabila suatu saat terjadi musibah yang tidak diinginkan," ujarnya.

Baca juga:
Polda Kepri kerahkan 285 personel untuk amankan kampanye Pilkada 2024

Basarnas Natuna gelar latihan selamatkan korban kapal kebakaran

Pewarta : Muhamad Nurman
Editor : Angiela Chantiequ
Copyright © ANTARA 2024