Batam (ANTARA) - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Hang Nadim Batam memprakirakan cuaca wilayah Kepulauan Riau (Kepri) pada hari Jumat, umumnya berawan, namun masih berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada pagi dan siang hari.

Prakirawan Nizam Mawardi mengatakan adanya belokan angin di sekitar wilayah utara Kepulauan Riau serta nilai kelembapan udara lapisan atas yang relatif tinggi menambah potensi pertumbuhan awan-awan hujan di wilayah tersebut.

“Secara umum kondisi cuaca di wilayah Kepulauan Riau diprakirakan berawan dan berpotensi terjadi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang pada pagi dan siang hari,” kata Nizam.

Selain itu, BMKG juga mengimbau masyarakat di wilayah Tanjungpinang, Bintan dan Karimun untuk mewaspadai potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang dapat disertai petir/kilat dan angin kencang berdurasi singkat pada pagi dan siang.

Berikut prakiraan cuaca di 7 kota/kabupaten wilayah Kepri.

Cuaca Kota Batam diprakirakan pagi hujan ringan, siang berawan tebal, malam hari berawan dan dini hari hujan ringan. Suhu udara berkisar antara 25-31 derajat celcius dan angin datang dari arah Selatan dengan kecepatan 1-11 Km/jam.

Selanjutnya di Kota Tanjungpinang diprakirakan pagi hari hujan dengan intensitas sedang, siang hari hujan ringan, malam hari berawan dan dini hari hujan ringan. Suhu udara yang mempengaruhi berkisar antara 24-31 derajat celcius dan angin bertiup dari arah Selatan dengan kecepatan 1-11 Km/jam.

Begitupun cuaca di Kabupaten Bintan pagi hari hujan dengan intensitas sedang, siang hari hujan ringan, malam hari berawan dan dini hari hujan ringan. Suhu udara berkisar antara 24-31 derajat celcius dengan angin bertiup dari arah Barat Daya berkecepatan 1-12 Km/jam.

Lalu cuaca Kabupaten Karimun tak jauh berbeda dengan Bintan, pagi hujan dengan intensitas sedang, siangnya cerah berawan, malam hari berawan dan dini hari hujan ringan. Suhu udara berkisar antara 25-31 derajat celcius, dan angin bertiup dari arah Selatan dengan kecepatan 2-10 Km/jam.

Kabupaten Lingga pagi diprakirakan hujan ringan, siang dan malam hari berawan, dini hari hujan ringan. Suhu udara berkisar antara 25-30 derajat celcius. Angin bertiup dari arah Barat Daya dengan kecepatan 5-16 km/jam.

Berikutnya Kabupaten Natuna pagi dan siang harinya berawan, malam hari berawan tebal, dan dini hari hujan ringan. Suhu udara diperkirakan 24-30 derajat celcius, dengan angin dari arah Barat Daya dengan kecepatan 3-8 Km/jam.

Kabupaten Anambas pagi, siang dan malam harinya berawan, dini harinya hujan ringan. Suhu udara berkisar antara 25-32 derajat celcius, dan angin bertiup dari arah Selatan dengan kecepatan 4-18 km/jam.

Untuk ketinggian gelombang perairan di wilayah Kepri kategori rendah (0,5-1,25 meter).


Pewarta : LRK
Editor : Laily Rahmawaty
Copyright © ANTARA 2024