Tanjungpinang (Antara Kepri) - Ketua Dewan Pengurus Daerah (DPD) Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Provinsi Kepulauan Riau, Banjar Ahmad, melantik 95 pengurus DPD KNPI Kota Tanjungpinang di Gedung PKK setempat, Rabu (3/5).

"Semoga kepengurusan DPD KNPI Kota Tanjungpinang periode 2016-2019 dapat memberikan kontribusi dan bermitra dengan Pemerintah Kota Tanjungpinang," kata Banjar dalam sambutannya.

Pelantikan disertai pembacaan ikrar dan janji, dan dilanjutkan dengan penyerahan bendera pataka KNPI melengkapi sebagai tradisi pelantikan KNPI tersebut.

Wali Kota Tanjungpinang Lis Darmansyah selaku mitra DPD KNPI Kota Tanjungpinang mendapatkan kesempatan menyerahkan tanggung jawab organisasi kepada Ketua DPD KNPI Kota Tanjungpinang, Arie Sunandar sebagai ketua terpilih hasil Musda IV.

Prosesi pelantikan lebih kokoh lagi dengan pemberian tepuk tepung tawar dari Wali Kota  dan Ketua DPD KNPI Provinsi Kepri, Banjar Ahmad sebagai bentuk tradisi dan adat istiadat Melayu untuk keselamatan dalam menjalankan amanah kedepannya.

Ketua DPD KNPI Kota Tanjungpinang Arie Sunandar mengatakan, langkah strategis awal KNPI Kota Tanjungpinang menyusun program untuk membantu kemajuan Pemkot Tanjungpinang.

"Pelantikan ini membawa langsung KNPI untuk membuat program yang akan bermitra bersama OPD, FKPD dan seluruh elemen yang ada di Pemkot Tanjungpinang," ujarnya.

Sementara itu, Sekretaris DPD KNPI Kota Tanjungpinang Benny Gustiano menjelaskan 95  pengurus DPD KNPI Kota Tanjungpinang tersebut terbagi dalam 21 bidang dan 1 biro kesekretariatan.

"Kepengurusan tersebut mengacu pada Peraturan Organisasi KNPI hasil Kongres di Papua tahun 2015, dengan Ketua Umum terpilih Muhammad Rifai Darius," ujarnya.

Mengangkat tema nasional "Bangga Menjadi Pemuda Indonesia" tersebut juga disertai dengan penyerahan bantuan pendidikan kepada mahasiswa dan pelajar berprestasi yang kurang mampu.

"Bantuan itu sebagai upaya memotivasi para pelajar dan mahasiswa yang kurang mampu untuk berprestasi," ungkapnya.

Acara pelantikan turut dihadiri unsur Muspida, OPD, camat dan lurah, partai politik, tokoh Masyarakat, OKP, OKM, serta mahasiswa dan pelajar. (Antara)

Editor: Rusdianto

Pewarta : Aji Anugraha
Editor : Kepulauan Riau
Copyright © ANTARA 2024