Dinkes P2KB Lingga tetapkan harga tes antigen paling murah di Kepri

id Dinkes P2KB Lingga tetapkan harga tes antigen paling murah di Kepri

Dinkes P2KB Lingga tetapkan harga tes antigen paling murah di Kepri

Kepala Dinas Kesehatan P2KB Lingga bersama Kasi Yankes dan Pemilik Klinik di Lingga usai menyepakati harga Tes Antigen (ANTARA / Nurjali / DinkesP2KB)

Lingga (ANTARA) - Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Kabupaten Lingga, menetapkan harga tes antigen untuk beberapa pelabuhan dan klinik yang ada di wilayah  Lingga paling murah di bandingkan daerah lain di Kepri yakni Rp75.000.

Penetapan biaya tersebut setelah adanya pertemuan dengan beberapa klinik di Daik, Jumat.

"Untuk tarifnya mengacu pada peraturan Menteri Kesehatan, namun karena ada beberapa alasan sehingga harga jauh lebih murah dari batas bawah yang sudah ditetapkan," ujar Plt Kepala Dinas Kesehatan P2KB Lingga, Recky Sarman Timur.

Dalam rapat yang ikut dihadiri oleh beberapa apotik penyedia rapid test diagnostic antigen (RDT-Ag), diantaranya Klinik Singkep Farmasi, Klinik Kimia Farma dan Klinik Mulia, didapat harga untuk yang melakukan tes RDT-Ag atau antigen di tiga klinik tersebut sebesar Rp75.000.

Sementara untuk masyarakat yang melakukan tes RDT-Ag di Pelabuhan Jagoh, Sungai Tenam, Pancur, Rejai, Senayang dan Tajur Biru, dikenakan biaya sebesar Rp80.000.

Harga tersebut menurutnya lebih murah dibandingkan dengan surat edaran Kementerian Kesehatan nomor: HK.02.02/I/3065/2021 tentang batasan tarif tertinggi pemeriksaan rapid test diagnostic antigen (RDT-Ag).

"Dimana untuk pulau Jawa dalam edaran tersebut harganya sebesar Rp99.000 dan di luar pulau jawa Rp109.000," ujarnya.

Ketetapan tersebut sudah dilakukan pertimbangan yang matang, setelah mendengar harga dari masing-masing klinik dimana PT. Kimia Farma perusahaan milik BUMN menetapkan harga PT. Kimia Farma Pusat sebesar Rp85.000 dan untuk Klinik Singkep Farmasi sebesar Rp80.000.

"Nantinya masyarakat selain bisa melakukan RDT-Ag di pelabuhan, juga dapat melakukan di klinik-klinik penyedia, yaitu ada tiga, Kimia Farma, Singkep Farmasi, dan Klinik Mulia untuk yang di Daik Lingga," tutupnya.  

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE