Malaysia berhasil tarik 1 juta turis sejak perbatasan dibuka

id tursi Malaysia,pembukaan perbatasan,menteri pariwisra

Malaysia berhasil tarik 1 juta turis sejak perbatasan dibuka

Arsip - Suasana sebuah taman di dekat Menara Kembar Petronas, Kuala Lumpur, Malaysia, 2020. (ANTARA/Reuters/as)

Dalam dua bulan terakhir, kami telah menerima sekitar 600.000 turis dari Singapura, dan saya merasa saat ini kita melampaui satu juta turis hanya dari Singapura

Kuala Lumpur (ANTARA) - Malaysia berhasil menarik lebih dari satu juta turis sejak perbatasan dibuka kembali pada 1 April 2022, demikian diumumkan Menteri Pariwisata, Seni dan Budaya Malaysia Dato’ Sri Nancy Shukri, Sabtu.

Angka tersebut merupakan setengah dari target turis internasional yang ditetapkan oleh Pemerintah Malaysia sepanjang tahun 2022.

Ia mengatakan sebagian besar dari total turis tersebut berasal dari Singapura dan diharapkan lebih banyak lagi turis dari Jepang, Iran dan Korea yang akan datang di Malaysia.

“Dalam dua bulan terakhir, kami telah menerima sekitar 600.000 turis dari Singapura, dan saya merasa saat ini kita melampaui satu juta turis hanya dari Singapura,” katanya dalam konferensi pers setelah peluncuran the Firefly Airlines dan kampanye #GoJalanLah, seperti dilansir Bernama, Sabtu.

“Ada juga turis dari negara lain, tetapi kami tidak dapat memberikan angka yang akurat karena kami masih menunggu tanggapan dari masing-masing pihak tetapi cukup untuk mengatakan bahwa kami telah mencapai lebih dari setengah dari yang kami targetkan, ”katanya.

Ia mengatakan mereka percaya bahwa standar operasional prosedur (SOP) COVID-19 yang ramah turis mampu menarik lebih banyak turis asing ke Malaysia.

“Orang-orang menyukai SOP kami karena tidak ada karantina wajib, tes skrining COVID-19, dan asuransi, dan terserah wisatawan untuk melakukannya,” katanya.

Nancy mengatakan industri turis di Malaysia masih menghadapi kekurangan tenaga kerja karena sangat terdampak oleh pandemi COVID-19.

“Beberapa pekerja hotel takut untuk kembali bekerja karena ketidakpastian, karena mungkin saja dilakukan penutupan lagi,” ujar dia.

Lebih lanjut, ia mengatakan kementeriannya telah menerima konfirmasi dari hotel-hotel yang terpaksa harus tutup karena dampak dari pandemi. Namun ada juga indikasi beberapa hotel tutup sementara untuk renovasi dan beberapa hotel lain sedang digunakan kembali.

Pada kampanye #GojJalanLah, ia mengatakan kampanye tersebut merupakan kemitraan cerdas antara Firefly dan Tourism Malaysia untuk mendukung upaya pemerintah meningkatkan promosi pariwisata domestik.

Kampanye promosi #GoJalanLah menawarkan tiket penerbangan dan akomodasi hotel dengan diskon lebih dari 35 persen. Pemesanan dapat dibuat di www.fireflyz.com.my sampai 30 Juni 2022 untuk periode perjalanan sampai 31 Desember.
 

Komentar

Komentar menjadi tanggung jawab anda sesuai UU ITE