TCA Indonesia-Singapura tingkatkan bisnis di Batam

id travel corridor arrangement indonesia singapura,pembukaan perbatasan indonesia singapura, batam pintu masuk ke singapura

TCA Indonesia-Singapura tingkatkan bisnis di Batam

Ketua Apindo Kota Batam, Rafki Rasyid.

Batam (ANTARA) - Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) menyatakan kesepakatan pengaturan koridor perjalanan (travel corridor arrangment/TCA) Indonesia dan Singapura akan meningkatkan aktivitas bisnis kedua negara, termasuk di Kota Batam, Kepulauan Riau.

"Pembukaan TCA yang dilakukan pemerintah Indonesia bersama pemerintah Singapura menurut saya akan berdampak positif bagi kepentingan bisnis kedua negara. Terutama untuk mobilisasi pebisnis kedua negara," kata Ketua Apindo Kota Batam, Rafki Rasyid di Batam, Kamis.

Ia menyampaikan, sejumlah perusahaan di Batam sempat mengeluhkan kesulitan mendatangkan tenaga ahli dari Singapura dan negara lain, akibat pembatasan lalu lintas orang saat pandemi COVID-19.

Dengan dibukanya perbatasan kedua negara untuk keperluan bisnis dan dinas, maka akan membuat aktivitas bisnis relatif meningkat.

Meski begitu, menurut dia, yang sebenarnya diharapkan Batam dan Kepri adalah dibukanya kembali wisata ke Singapura dan sebaliknya.

"Sebab selama pandemi COVID-19 melanda, sektor pariwisata adalah sektor yang paling terdampak. Daya tahan industri pariwisata ini juga mungkin tidak akan bisa bertahan lama," kata Rafki.

Menurut dia, sejumlah hotel telah berencana tutup, sehingga dikhawatirkan akan berdampak pada meningkatnya jumlah pengangguran.

"Jadi kedatangan wisatawan asing utamanya dari Singapura sangat dibutuhkan," kata dia.

Ia berharap, setelah pembukaan perbatasan untuk pebisnis, maka berikutnya juga segera dibuka untuk wisatawan asing dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Dengan begitu mungkin sektor pariwisata yang sekarang sedang terpuruk mungkin bisa perlahan lahan bangkit kembali," kata dia.

Sementara itu, Pemerintah Indonesia dan Singapura sepakat untuk membuka lalu lintas khusus untuk perjalanan bisnis yang penting, perjalanan diplomatik, dan kedinasan yang mendesak.

Pintu masuk ke Indonesia yang disepakati hanya dua, yaitu Bandara Soekarno Hatta dan Pelabuhan Internasional Batam Centre.


 
Pewarta :
Editor: Evi Ratnawati
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar